Perancangan Buku Aktivitas Museum Sangiran untuk Usia 12-18 Tahun di Solo

Latifah, Dian (2022) Perancangan Buku Aktivitas Museum Sangiran untuk Usia 12-18 Tahun di Solo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Museum Sangiran merupakan salah satu museum purbakala yang menyimpan fosil manusia purba terlengkap di Jawa. Museum ini didirikan sebagai tempat pembelajaran peninggalan sejarah khususnya mengenai fosil manusia purba. Namun dari banyaknya potensi yang ada didalam Museum Sangiran, engagment serta wisata edukasi yang diberikan saat berada di dalam Museum Sangiran kurang dirasakan dan dinikmati oleh para siswa yang melakukan kunjungan ke Museum Sangiran. Oleh karena itu, perancangan ini bertujuan untuk membuat buku aktivitas Museum Sangiran yang digunakan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan sebagai media pembelajaran peninggalan sejarah manusia purba agar kunjungan ke Museum Sangiran tidak hanya sebagai kegiatan melihat-lihat saja tetapi juga dapat menjadi kegiatan yang memiliki aktivitas yang memberikan keterikatan secara emosional saat berada di Museum Sangiran. Perancangan ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan wawancara, focus group discussion, dan studi referensi untuk mendapatkan data-data yang digunakan sebagai media pendukung pembuatan konsep perancangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode perancangan oleh Landa. Penulis berharap perancangan ini dapat memberikan pengalaman dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran melalui aktivitas bagi anak-anak yang mengunjungi Museum Sangiran sehingga mendapatkan informasi mengenai peninggalan sejarah khususnya manusia purba.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Buku Aktivitas, Museum Sangiran, Manusia Purba
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 708 Galleries, museums, private collections of fine and decorative arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:18
Last Modified: 02 Oct 2023 00:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22562

Actions (login required)

View Item View Item