Perancangan Buku Edukasi Pendidikan Seks sejak Dini Bagi Orangtua dengan Anak Penyandang Autistik

Melita Larasati Putri, Agustine (2022) Perancangan Buku Edukasi Pendidikan Seks sejak Dini Bagi Orangtua dengan Anak Penyandang Autistik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Edukasi Pendidikan Seks untuk anak penyandang Autistik penting untuk diberikan sejak dini oleh orangtua anak penyandang Autistik untuk memberikan pemahaman dan menyiapkan anak-anaknya menuju masa-masa pubertas. Orangtua sebagai pendidik pertama anak di rumah sebelum akhirnya anak mengenal dunia luar, merupakan salah satu faktor penentu terhadap kesuksesan anak penyandang Autistik dalam berinteraksi sosial diluar. Anak penyandang Autistik juga memiliki pertumbuhan dan perkembangan biologis yang sama dengan anak-anak pada umumnya, hanya saja anak penyandang Autistik memiliki kesulitan dalam mengendalikan dirinya ketika terjadi perubahan baik secara fisik maupun emosional dalam dirinya. Pada dasarnya, setiap anak berhak memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan tidak terkecuali pendidikan seksualitasnya. Namun, pendidikan seks untuk anak penyandang Autistik kurang mendapatkan perhatian baik dari tenaga pengajar maupun orangtua anak penyandang Autistik. Hal ini dibuktikan, dengan minimnya pembahasan literatur seputar pendidikan seks untuk anak penyandang Autistik secara komprehensif. Metode penelitian dalam perancangan Tugas Akhir ini menggunakan metode hybrid atau campuran dari dua metode, yaitu metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada narasumber ahli dan melakukan Focus Group Discussion dengan para orangtua anak penyandang Autistik dan menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel responden menggunakan kuesioner.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: autistik, orangtua anak penyandang autistik, pendidikan seks
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:47
Last Modified: 04 Oct 2023 00:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item