Pemaknaan Pengalaman Perempuan Bermain Game Online untuk Mempertahankan Hubungan Romantis dengan Pasangan (Studi Fenomenologi pada Gamers Perempuan)

Oktavia, Dinda (2022) Pemaknaan Pengalaman Perempuan Bermain Game Online untuk Mempertahankan Hubungan Romantis dengan Pasangan (Studi Fenomenologi pada Gamers Perempuan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat adiksi terhadap game online yang berlebihan kerap membuat seseorang berpotensi mengabaikan hal-hal penting terkait realitas dan mempengaruhi stabilitas hubungan antarpribadinya. Ketika laki-laki terlalu fokus bermain game online, mereka tidak dapat memperhatikan hubungan romantisnya di saat yang bersamaan. Perempuan seringkali merasa ditinggalkan dan tak lagi diprioritaskan, sehingga menyebabkan hubungan berada pada kondisi tidak seimbang. Salah satu motivasi yang melatarbelakangi seseorang untuk akhirnya bermain game online adalah untuk membina hubungan jangka panjang. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pengalaman perempuan terhadap game online dan kaitannya dengan hubungan romantis serta melihat apa saja hal yang dialami gamers perempuan dalam pengalamannya mempertahankan hubungan. Penelitian ini menggunakan konsep perempuan dalam dunia gaming, stereotyping gender di dunia gaming, serta hubungan romantis dan gaming. Metode yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi dengan paradigma konstruktivis dan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Temuan dalam penelitian ini meliputi hal yang dialami oleh para perempuan tersebut beserta dengan keenam aspek sumber daya secara deskriptif. Adanya kontradiktif dalam komunikasi nonverbal perempuan terjadi karena adanya sikap self defense mechanism. Kemudian, adapun perspektif hyperfemininity, yaitu tingkat feminitas ekstrem terjadi ketika perempuan merasa yakin bahwa hubungannya dengan pasangannya adalah hal yang paling utama dalam hidupnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pemeliharaan hubungan romantis, stereotip gender, peran perempuan, game online, gamers perempuan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:49
Last Modified: 28 Apr 2023 07:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22576

Actions (login required)

View Item View Item