Pengaruh Human Capability, Dynamic Capability, Orientasi Konsumen terhadap Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Kemampuan Inovasi sebagai Peran Mediasi untuk Mewujudkan Inklusi Teknologi Finansial untuk Usaha Kecil dan Menengah

Djauhary, Andrew (2022) Pengaruh Human Capability, Dynamic Capability, Orientasi Konsumen terhadap Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Kemampuan Inovasi sebagai Peran Mediasi untuk Mewujudkan Inklusi Teknologi Finansial untuk Usaha Kecil dan Menengah. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses transformasi digital dalam bisnis telah berdampak pada setiap bisnis secara global. Perusahaan kecil yang paling terkena dampak. Sayangnya, pandemi Covid-19 menambah tekanan untuk eksis bahkan lebih buruk dalam situasi. Studi penelitian mengambil dampak dari layanan teknologi keuangan yang mengganggu pada kelangsungan Usaha Kecil dan Menengah selama pandemi dalam hal pencairan pinjaman sementara bank tutup; dan agar seluruh aktivitas perbankan berjalan normal sementara pemerintah memberlakukan aturan ketat dalam rangkaian lock-down dan physical distancing. Dengan menggunakan studi kinerja industri keuangan Indonesia, peneliti ingin mengetahui variabel-variabel yang mampu menopang fungsi temporer bisnis digital menjadi transformasi permanen fungsi. Metode analisis data penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling ­ Partial Least Square. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara HC dan DC terhadap IC dan terhadap CP. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa agar CO berpengaruh positif terhadap CP, diperlukan IC sebagai variabel mediasi antar konstruk. Dengan demikian menyatakan bahwa orientasi konsumen perlu ditransformasikan menjadi suatu inovasi produk atau jasa untuk mempengaruhi kinerja suatu perusahaan. Peneliti menyatakan keterbatasan penelitian seperti penelitian tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah spesifik dari satu perusahaan dan analisa multi group. Studi ini dapat menjadi referensi bagi para peneliti yang mencoba memahami apa saja faktor kunci dalam kinerja perusahaan yang berkelanjutan di masa depan. Meskipun demikian, peneliti menyarankan agar penelitian lebih lanjut dan rekomendasi penelitian dapat dilanjutkan untuk memperbarui perubahan yang tidak relevan di masa depan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Company Performance, Innovation Capability, Human Capital, Customer Orientation, Dynamic Capability, Financial Inclusion, SME.
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 03:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22595

Actions (login required)

View Item View Item