Analisis Efek Komunikasi Resiko melalui Media Sosial dan Norma Subjektif terhadap Niat Beli Gendongan Soft Structured Carrier (SSC) di Jabodetabek: Peran Mediasi Persepsi Resiko

Lestari, Indah (2022) Analisis Efek Komunikasi Resiko melalui Media Sosial dan Norma Subjektif terhadap Niat Beli Gendongan Soft Structured Carrier (SSC) di Jabodetabek: Peran Mediasi Persepsi Resiko. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengedukasi ibu milenial tentang keselamatan dalam menggendong bayi adalah dengan menggunakan media sosial dan mengambil pendekatan komunikasi risiko berdasarkan pendeketan Health Belief Model. Penelitian ini membahas tentang hubungan antar variabel yang didasari oleh Theory of Planned Behavior pada minat pembelian gendongan bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian gendongan Soft Structured Carrier (SSC) pada ibu- ibu milenial di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 271 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program SmartPLS versi 3.3 dan program IBM SPSS 26 untuk pengujian instrumen. Hasil penelitian ini menemukan pada hubungan langsung risk communication (RC) berpengaruh positif terhadap perceived risk (PR) dan purchase intention (PI), PR berpengaruh positif terhadap PI, namun untuk subjective norms (SN) ditemukan tidak berpengaruh terhadap PI. Pada hubungan RC terhadap PR mememiliki pengaruh yang paling besar dibandingkan hubungan lainnya. Dengan memperhatikan faktor RC mampu meningkatkan minat membeli dengan hanya menimbulkan faktor PR dalam benak masyarakat. Selanjutnya pada hubungan tidak langsung ditemukan PR memediasi hubungan antara RC terhadap PI. PR memiliki efektivitas dalam menghubungkan RC dengan PI. Penelitian ini dapat memperluas studi yang membahas niat membeli pada gendongan bayi dengan mengadopsi peran variabel terkait serta diuji dalam studi kasus perilaku pembelian gendongan bayi. Secara manajerial, penelitian memberikan wawasan bagi komunitas babywearing dan produsen gendongan di Indonesia dengan memastikan apakah komunikasi risiko yang dilakukan oleh konsultan babywearing atau produsen gendongan di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan, terutama dalam mempengaruhi masyarakat untuk membeli gendongan bayi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Health Belief Model, Soft Structured Carrier (SSC), Baby Carrier, Babywearing, Social Media, Risk Communication, Perceived Risk, Subjective Norms, Purchase Intention
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 03:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22596

Actions (login required)

View Item View Item