Pengaruh dari Aktivitas Pemasaran dan Kompetensi Individual terhadap Keinginan untuk Mengadopsi Digital Banking

Meirina, Meirina (2022) Pengaruh dari Aktivitas Pemasaran dan Kompetensi Individual terhadap Keinginan untuk Mengadopsi Digital Banking. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dapat memperluas studi terkait teori adopsi teknologi dengan fungsi pemasaran yang relatif masih sedikit. Secara manajerial, penelitian ini memberikan beberapa wawasan terkait layanan bank, khususnya pada digital banking. Penelitian ini membahas tentang hubungan antar variabel pada adopsi digital banking nasabah Bank. Secara komprehensif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat menggunakan Digital Banking nasabah berdasarkan teori Technology Adoption Model (TAM) dengan variabel Bank Marketing Activities (BMA) dan Bank's Personal Competence (BPC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 271 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program IBM AMOS 26. Hasil penelitian ini menemukan tiga hasil utama. Pertama, BMA dan BPC mampu meningkatkan minat menggunakan perbankan digital jika hanya dengan menimbulkan faktor perceived ease of use dan/atau perceived usefulness dalam benak nasabah. Perceived ease of use akan timbul jika aplikasi digital bank memiliki instruksi yang jelas dan tidak menimbulkan beban saat penggunaan. Sedangkan, perceived usefulness akan terjadi jika aplikasi digital mampu meningkatkan kinerja dan mempercepat pekerjaan nasabah. Kedua, BPC terbukti lebih efektif dalam meningkatkan perceived ease of use. Sementara, BMA memiliki efektivitas yang relatif sama dalam mempengaruhi perceived ease of use dan perceived of usefulness. Ketiga, pemasaran bank yang dinilai paling penting adalah pengalaman personil, kesigapan layanan dalam membantu penggunaan teknologi baru dan sarana penyampaian ketidakpuasan. Diharapkan dari penelitian ini dapat meningkatkan prioritas dan kompetensi dari personil bank untuk meningkatkan penggunaan perbankan digital. Kompetensi personil bank yang dianggap prioritas adalah respon akan kebutuhan dan permintaan nasabah, kemampuan solusi cepat dalam masalah, serta personil yang beretika dan memiliki sifat antusias yang tinggi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Bank marketing activities, bank's personal competence, perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use digital banking
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 03:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22597

Actions (login required)

View Item View Item