Mayasanto, Ade (2022) Analisa Faktor-faktor Pembentuk E-Loyalty di Media Online Studi Kasus TribunKaltim.co. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (559kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (148kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Media online di Indonesia terus berkembang. Pertumbuhan media online ini sejalan dengan jumlah pengguna internet pada awal tahun 2021 yang mencapai 202,6 juta orang. Di sisi lain, saat ini jumlah media online mencapai 43 ribu website. Jumlah media online tersebut membuat persaingan memperebutkan trafik pembaca semakin kompetitif. Sementara kunci keberhasilan memenangkan persaingan dalam bisnis terletak pada kemampuan perusahaan dalam menciptakan keunggulan kompetitif. Keunggulan bersaing akan membentuk loyalitas pelanggan dan membuka kesempatan untuk melakukan perluasan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana loyalitas pembaca di media online terbentuk sehingga bisa bersaing secara kompetitif. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dan wawancara dengan para pemangku kepentingan. Variabel pada penelitian ini terdiri dari e-loyalty, e-satisfaction, e-trust, security/privacy, fulfillment, social commerces, website design dan customer service. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling technique berupa judgemental dan snowball sampling, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online kepada 201 responden sesuai dengan kriteria populasi. Pengolahan data menggunakan SmartPls. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif dan pengaruh signifikan dari e-trust dan e-satisfaction pada e-loyalty di media online. Korelasi positif dan pengaruh signifikan itu tidak dapat dipisahkan dari fulfillment dan desain situs web online. Sementara social commerces dan security/privacy menunjukkan tidak mempengaruhi e-trust dan e- satisfaction. Implikasi praktis dari manajemen penelitian ini adalah untuk meningkatkan e-trust, e-satisfaction, dan e-loyalty pelanggan media online. Studi ini memiliki beberapa keterbatasan karena hanya mengkaji aspek pembentukan e- loyalty di media online TribunKaltim.co.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-loyalty, e-satisfaction, e-trust, media online, social commerces |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:52 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22600 |
Actions (login required)
View Item |