Dukungan komunikasi interpersonal keluarga bagi anak berkebutuhan khusus dalam interaksi sosial studi kasus pada keluarga anak attention deficit hyperactivity disorder(adhd)

Djuhana, Daisy Claraviani (2016) Dukungan komunikasi interpersonal keluarga bagi anak berkebutuhan khusus dalam interaksi sosial studi kasus pada keluarga anak attention deficit hyperactivity disorder(adhd). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (666kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal keluarga yang baik dalam suatu keluarga tentunya sangat penting, terutama bagi keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus guna menciptakan suatu keefektifan dalam interaksi sosial di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga bagi anak berkebutuhan khusus ADHD dalam memberikan dukungan komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan paradigma postpositivisme. Teori yang digunakan adalah teori attachment (teori kelekatan) untuk melihat kelekatan antara orang tua dan anak yang dapat memberikan dampak bagi anak dalam melakukan interaksi sosial di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pattern matching (penjodohan pola). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) mampu untuk melakukan interaksi sosial di sekolah walaupun memiliki keterbatasan dan ruang lingkup interaksi sosialnya juga terbatas. Setiap keluarga sudah menjalankan keefektifan komunikasi interpersonal dengan baik walaupun aspek keterbukaan kurang terlihat dari ayah. Sebagian besar subjek penelitian memiliki secure attachment dengan orang tuanya terutama ibu. Ketika anak belum memiliki keberanian atau minder saat melakukan interaksi sosial, namun ada ibu di sampingnya maka anak akan merasa lebih aman dan lebih percaya diri untuk melakukan interaksi sosial walaupun masih terbatas. Dalam hal ini keluarga memberikan peran bagi anak ADHD dalam memberikan perasaan yang aman, mengembangkan kreativitas dan eksplorasi atau menguasai lingkungan serta memberikan kebutuhan yang dibutuhkan anak tidak hanya pada saat masa pertumbuhan saja, tetapi kebutuhan yang dibutuhkan sepanjang hidupnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
900 History and Geography > 920 Biography and genealogy > 924 Philologists and Lexicographers of Biography
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jun 2017 09:53
Last Modified: 05 Apr 2023 01:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item