Peran Data Analyst Intern pada Sumber Digital Store (Sumber DS)

Vernon Riota, Darren (2022) Peran Data Analyst Intern pada Sumber Digital Store (Sumber DS). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)

Abstract

Jumlah data yang mengalami peningkatan seiring dengan berjalan waktu menciptakan sebuah fenomena umum yang dikenal sebagai fenomena kelimpahan data. Layaknya di dunia digital, perusahaan, organisasi ataupun bisnis juga turut serta berkontribusi dalam penghasilan data di dunia nyata. Sayangnya, nilai yang mampu diekstrak melalui fenomena kelimpahan data tidak sebanding dengan kuantitas data mentah yang diperoleh. SUMBER DIGITAL STORE (SUMBER DS), salah satu UMKM Indonesia yang bergerak di bidang penjualan produk digital menghadapi fenomena kelimpahan data secara langsung. Maka dari ini, muncul kebutuhan akan kemampuan memanfaatkan data mentah yang tersedia untuk diolah dan dianalisis guna menghasilkan nilai yang berharga. Program kerja magang sebagai Data Analyst Intern pada SUMBER DS berlangsung selama 46 hari, dari tanggal 27 Agustus hingga 28 Oktober 2021 dan dilakukan sepenuhnya secara daring. Selama melaksanakan program kerja magang, mahasiswa magang bertanggung jawab dalam memanfaatkan data yang tersedia untuk diolah dan dianalisis untuk membawa keuntungan bagi SUMBER DS, memberikan kemudahan bagi pengguna lain ketika ingin melihat data-data, menghasilkan temuan atau wawasan baru yang bernilai (valuable insights), serta memberikan rekomendasi aksi dan saran terkait strategi bisnis yang perlu diambil untuk memenuhi goals yang telah ditetapkan. Hasil yang diperoleh melalui program kerja magang adalah beberapa dasbor visualisasi interaktif terkait penjualan, produk dan pelanggan SUMBER DS, insights-insights bernilai yang dikonklusikan melalui hasil analisis, juga rekomendasi aksi yang disimpulkan ke dalam laporan lengkap.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Data Analyst Intern, fenomena kelimpahan data, valuable insights
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:52
Last Modified: 02 Aug 2023 03:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22754

Actions (login required)

View Item View Item