Peran Jurnalis pada Laman Itjen Kemdikbud Ristek

Liendya, Nabila Oudri (2022) Peran Jurnalis pada Laman Itjen Kemdikbud Ristek. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Media massa memegang peran penting dalam mendifusikan jalannya pemerintahan yang demokratis kepada rakyat. Media massa menjadi sarana bagi pemerintah untuk menginformasikan, menjelaskan, dan mencoba mendapatkan dukungan untuk program dan kebijakannya. Dalam hal ini, media dapat memberikan sarana transparansi yang dilakukan pemerintah pada masyarakat. Fungsi media massa juga digunakan pada aspek pemerintahan, seperti Inspektorat Jenderal Kemdikbud. Penulis mendapatkan kesempatan mengetahui bagaimana peran jurnalis untuk laman Pemerintahan bidang Pendidikan, khususnya terkait dengan pengawasan. Selama menjalankan magang, penulis ditempatkan di divisi publikasi dan kehumasan dengan berperan sebagai jurnalis untuk laman Itjen Kemdikbud. Dalam praktiknya, penulis dapat menghasilkan artikel berjenis straight news dan feature. Adapun tujuan dilaksanakannya praktik magang ini di antaranya adalah mendapatkan pengalaman kerja dan mengaplikasikan pengetahuan penulis di lingkungan kerja nyata. Di laman Itjen Kemdikbud, umumnya berita yang tersaji yakni berbentuk straight news dengan topik seputar Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Dikbud Ristek) ataupun mengenai agenda internal Itjen Kemdikbud.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: media massa, jurnalis, Itjen Kemdikbudristek
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:57
Last Modified: 17 Jun 2023 05:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22782

Actions (login required)

View Item View Item