Keragaman Isu Konten Berita Covid-19 Lintas Platform Kompas Gramedia Group, MNC Group, dan Media Group

Michael Jason Saputra, Michael Jason Saputra (2022) Keragaman Isu Konten Berita Covid-19 Lintas Platform Kompas Gramedia Group, MNC Group, dan Media Group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sebagai salah satu pilar demokrasi memiliki tanggung jawab untuk memenuhi masyarakat untuk tahu. Tanggung jawab ini dipenuhi salah satunya lewat melaporkan berita yang beragam dan relevan bagi masyarakat. Khususnya di saat pandemi Covid-19, keperluan akan informasi yang jelas dan komprehensif semakin menjadi darurat. Masyarakat memerlukan informasi yang tepat untuk meredam kepanikan dan menentukan respons yang benar dan tertib atas pandemi Covid-19. Namun, keberagaman media diduga semakin terkikis oleh hadirnya konsentrasi kepemilikan. Studi terdahulu mengungkapkan bahwa media yang berada pada grup kepemilikan sama dan platform yang sama cenderung memberitakan isu yang serupa pula. Dengan menganalisis 4.602 data berupa artikel pemberitaan Harian Kompas, Kompas.com, Koran Sindo, Sindonews.com, Media Indonesia, dan Medcom.id sepanjang periode Maret 2020, April 2020, dan Januari 2021, penelitian dilakukan untuk menguji apakah homogenisasi terjadi dalam pemberitaan pandemi Covid-19. Hasilnya beragam. Sebagian media cenderung memiliki keragaman isu konten, sebagian lainnya tidak. Berkaca pada teori agenda-setting, apa yang dianggap publik dan pemerintah penting tidak selalu penting untuk media. Media memiliki caranya dan agendanya sendiri untuk memberitakan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Covid-19, keragaman konten, konsentrasi kepemilikan, isu berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:28
Last Modified: 17 Jun 2023 07:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item View Item