Millennia Sinjaya, Jessica (2022) Strategi Storytelling Tentang Kesehatan Mental pada Akun Instagram @petualanganmenujusesuatu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (94kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (73kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
Abstract
Akun Petualangan Menuju Sesuatu kerap kali mengunggah konten ilustrasi gambar berbentuk brand storytelling yang di mana pada gambar tersebut memuat adanya kisah bermakna mengenai kesehatan mental dari sebuah karakter unik berwarna jingga bernama Blob. Tujuan dari penelitian ini antara lain lain untuk mengetahui bagaimana strategi storytelling tentang kesehatan mental yang dilakukan oleh akun Petualangan Menuju Sesuatu kepada followers. Penelitian ini menggunakan konsep brand storytelling dan cara mengembangkan strategi pesan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang membahas mengenai bagaimana strategi pesan dalam brand storytelling yang dilakukan oleh @petualanganmenujusesuatu. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara secara mendalam (In-depth Interview) dengan melibatkan partisipan dan analisis isi. Data sekunder dengan melakukan observasi pada akun Instagram @petualanganmenujusesuatu serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Petualangan Menuju Sesuatu sudah melakukan brand storytelling yang sesuai dengan konsep Miri Rodriguez (2020). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Petualangan Menuju Sesuatu menggunakan strategi emosional storytelling dan tidak hanya menggunakan brand storytelling untuk membangun kesadaran akan kesehatan mental melainkan juga berupaya untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan para followers yaitu dengan menyediakan forum bercerita dalam Discord Server dan menjadikan Blob sebagai representasi dari teman baik bagi para followers untuk terbuka dan berbagi pengalaman sehingga terjalin hubungan yang baik antara akun dengan followers-nya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Cerita Merek, Kesehatan Mental, Instagram |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 09:28 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 02:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22820 |
Actions (login required)
View Item |