Strategi Storytelling Tentang Kesehatan Mental pada Akun Instagram @petualanganmenujusesuatu

Millennia Sinjaya, Jessica (2022) Strategi Storytelling Tentang Kesehatan Mental pada Akun Instagram @petualanganmenujusesuatu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Akun Petualangan Menuju Sesuatu kerap kali mengunggah konten ilustrasi gambar berbentuk brand storytelling yang di mana pada gambar tersebut memuat adanya kisah bermakna mengenai kesehatan mental dari sebuah karakter unik berwarna jingga bernama Blob. Tujuan dari penelitian ini antara lain lain untuk mengetahui bagaimana strategi storytelling tentang kesehatan mental yang dilakukan oleh akun Petualangan Menuju Sesuatu kepada followers. Penelitian ini menggunakan konsep brand storytelling dan cara mengembangkan strategi pesan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang membahas mengenai bagaimana strategi pesan dalam brand storytelling yang dilakukan oleh @petualanganmenujusesuatu. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara secara mendalam (In-depth Interview) dengan melibatkan partisipan dan analisis isi. Data sekunder dengan melakukan observasi pada akun Instagram @petualanganmenujusesuatu serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Petualangan Menuju Sesuatu sudah melakukan brand storytelling yang sesuai dengan konsep Miri Rodriguez (2020). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Petualangan Menuju Sesuatu menggunakan strategi emosional storytelling dan tidak hanya menggunakan brand storytelling untuk membangun kesadaran akan kesehatan mental melainkan juga berupaya untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan para followers yaitu dengan menyediakan forum bercerita dalam Discord Server dan menjadikan Blob sebagai representasi dari teman baik bagi para followers untuk terbuka dan berbagi pengalaman sehingga terjalin hubungan yang baik antara akun dengan followers-nya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cerita Merek, Kesehatan Mental, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:28
Last Modified: 28 Apr 2023 02:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22820

Actions (login required)

View Item View Item