Strategi Komunikasi Risiko SATGAS COVID-19 dalam Menghadapi Wabah COVID-19 di Kabupaten Sanggau (Studi Kasus Vaksinasi COVID-19)

Pabayo, Alexsandro Mamuranto (2022) Strategi Komunikasi Risiko SATGAS COVID-19 dalam Menghadapi Wabah COVID-19 di Kabupaten Sanggau (Studi Kasus Vaksinasi COVID-19). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sejak pandemi COVID-19 ditetapkan di Indonesia tahun 2020 terjadi permasalahan yang menganggu banyak sektor yang ada di Indonesia. Salah satu cara yang pemerintah gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan vaksinasi. Sejak tahun 2021 sudah digalakan vaksinasi dan berlanjut hingga sekarang. Kabupaten Sanggau mendapat peringkat ketiga dalam capaian vaksinasi, sehingga menarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana strategi komunikasi risiko yang dilakukan oleh mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana strategi komunikasi risiko yang dilakukan SATGAS COVID-19 di Kabupaten Sanggau terkait vaksinasi. Teori yang digunakan adalah komunikasi risiko, konsep Crisis & Emergency Risk Communication, RCCE, dan Pedoman Komunikasi Risiko oleh Kementerian Kesehatan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan penelitian kualitatif deskriptif dan paradigma post-positivisme. Selain itu, digunakan juga wawancara mendalam dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa SATGAS COVID-19 Sanggau menggunakan pendekatan budaya dan media lokal untuk mengomunikasikan vaksinasi serta masih ada pesan komunikasi risiko yang bersifat menakut-nakuti masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Risiko, Crisis & Emergency Risk Communication, Vaksinasi, Risk Communication and Community Engagement, SATGAS Covid-19
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:29
Last Modified: 28 Apr 2023 07:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item