Online Brand Community sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran

Cicilia Hantono, Caren (2022) Online Brand Community sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Persaingan industri kecantikan di Indonesia terus meningkat seiring dengan banyak bermunculan merek kecantikan lokal. Hal ini membuat merek harus menentukan strategi komunikasi pemasaran yang cocok untuk terus menjadi yang terdepan. Salah satu merek kecantikan lokal di Indonesia yaitu SYCA menggunakan online brand community sebagai strategi komunikasi pemasarannya sejak awal merek berdiri. SYCA memiliki online brand community yang bebas dan terbuka sehingga siapa saja dapat bergabung menjadi anggotanya dan SYCA melibatkan anggotanya lebih dalam kepada merek. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam mengenai keunikan online brand community yang SYCA miliki tentang bagaimana strategi online brand community dijalankan SYCA sebagai strategi komunikasi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan paradigma post-positivist, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SYCA merupakan merek dengan basis komunitas yang terbuka mengenai siapa yang ingin menjadi bagian dari online brand community-nya tetapi tetap memiliki spesialisasi peran bagi anggota komunitasnya. Peran anggota online brand community SYCA adalah terlibat dalam pengembangan produk. Dalam mencapai tujuan merek, SYCA menganggap online brand community yang mereka miliki sebagai kunci utama dalam strategi komunikasi pemasarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: community, online brand community, komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:29
Last Modified: 17 Apr 2023 02:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22828

Actions (login required)

View Item View Item