Digitalisasi Siaran Televisi: Studi Kasus Kawanua TV

Kinanti, Nathania (2022) Digitalisasi Siaran Televisi: Studi Kasus Kawanua TV. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (542kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Media televisi merupakan salah satu media massa yang berperan penting dan memiliki pengaruh dalam perkembangan masyarakat. Jenis media ini dikenal sebagai media dengan pola komunikasi satu arah dan tidak memberikan respon atau feedback langsung dari komunikannya. Dalam hal ini, pemerintah menetapkan ASO (Analog Switch-Off) untuk semakin menghadirkan siaran televisi yang berkualitas, semangat pemerintah untuk membawa media televisi ke arah digital menargetkan ASO. Berbagai stasiun televisi telah melakukan digitalisasi, salah satunya ialah stasiun televisi lokal yaitu Kawanua TV. Stasiun ini merupakan stasiun penyiaran lokal yang tergolong baru di kota Manado. Kawanua TV sendiri akan ikut terjun ke dalam gerus digitalisasi dengan melakukan digitalisasi. Berlandaskan pada pemaparan terkait digitalisasi media dan penerapan ASO yang sedang dicanangkan oleh pemerintah, maka penelitian ini berupaya untuk melihat strategi yang dilakukan oleh Kawanua TV dalam melakukan digitalisasi stasiun televisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya perubahan dari produksi konten dan struktur redaksi Kawanua TV akibat proses dari digitalisasi media. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yaitu studi kasus. Hasil dari penelitian ini sendiri yaitu proses digitalisasi yang dilakukan tidak memiliki pengaruh terhadap struktur redaksi Kawanua TV. Namun dari segi konten, digitalisasi memberikan dampak positif yang baik karena hasil visual yang muncul jauh lebih jernih sehingga lebih bagus dan bisa dinikmati penonton. Kesimpulan yang peneliti dapatkan adalah peneliti mengetahui bahwa Kawanua TV sebagai media telah siap untuk mengikuti arus perkembangan teknologi. Stasiun TV ini sendiri juga tidak mengalami kendala dalam peralihan analog ke digitalisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kawanua TV, digitalisasi, Analog Switch-Off (ASO)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2022 09:26
Last Modified: 27 Apr 2023 05:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item View Item