Strategi Kampanye Digital Instagram @yayasanmerajuthati dalam Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental

Kristianto, Jessica Calista (2022) Strategi Kampanye Digital Instagram @yayasanmerajuthati dalam Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat menghadapi berbagai tantangan dalam fase kehidupan, seringkali manusia mempertanyakan banyak hal. Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena erat kaitannya dengan kesehatan mental. Kesehatan mental yang baik memungkinkan individu mengeksplor potensi dirinya dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar supaya mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Namun, masih banyak masyarakat yang meremehkan pentingnya menjaga kesehatan mental karena gangguan mental dianggap sebagai sebuah stigma dan merupakan hal negatif. Yayasan Merajut Hati hadir sebagai komunitas yang berfokus untuk membantu masyarakat Indonesia mengatasi permasalahan kesehatan mental agar dapat mewujudkan kesehatan secara menyeluruh. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyebarkan pesan serta dukungan moral melalui kampanye digital di media sosial menggunakan tagar #TidakSendiriLagi sebagai pesan utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi kampanye digital yang dilakukan oleh Yayasan Merajut Hati dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mental. Konsep yang digunakan adalah kampanye digital, proses perencanaan strategi, media sosial, dan strategi konten di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Yayasan Merajut Hati menjalankan strategi kampanye digital dengan melakukan pengelolaan konten di media sosial melalui penggunaan pesan #TidakSendiriLagi. Strategi ini dilakukan sebagai bentuk komunikasi dalam kampanye digital untuk mengajak masyarakat terlibat dalam setiap proses menuju kesehatan mental yang baik dan menanamkan pesan bahwa mereka tidak hanya berjuang sendiri sehingga tidak perlu takut mencari pertolongan dan bantuan profesional ketika menghadapi permasalahan kesehatan mental sesuai dengan tujuan utama yang ingin dicapai oleh Yayasan Merajut Hati.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye digital, media sosial, kesehatan mental, tagar
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:27
Last Modified: 27 Apr 2023 05:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22882

Actions (login required)

View Item View Item