Representasi Maskulinitas Hegemonik Pada Iklan Televisi Extra Joss Active Versi “LAKI GO TO HEALTH”

Tanujaya, Alvaro (2022) Representasi Maskulinitas Hegemonik Pada Iklan Televisi Extra Joss Active Versi “LAKI GO TO HEALTH”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Iklan tidak hanya menyampaikan informasi persuasif mengenai sebuah produk, melainkan juga ideologi dari pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi ideologi maskulinitas hegemonik dalam iklan Extra Joss Active versi "LAKI, GO TO HEALTH". Alasan memilih iklan ini adalah karena iklan ini memiliki representasi maskulinitas hegemonik yang paling mencolok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian analisis isi semiotika milik Roland Barthes. Unit analisis dari penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dari penelitian ini adalah tanda verbal, nonverbal, dan juga menggunakan kelima kode Roland Barthes yaitu hermeneutik, simbolik, semik, kultural, dan proairetic. Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa sosok laki-laki harus memilki sikap yang mendominasi dan maksimal dalam melakukan aktivitas sehari-hari baik dalam pekerjaan dan dalam masyarakat. Selain itu pemilihan warna dalam iklan serta intonasi narator ikut menggambaran bahasa tubuh paralinguistik sebuah sikap dan perilaku laki-laki yang penuh semangat. Selanjutnya busana aktor didalam iklan juga menunjukan latar bidang pekerjaan yang ada. Tidak hanya itu di dalam iklan Extra Joss Active Versi "LAKI, GO TO HEALTH" terdapat mitos bahwa laki-laki maskulin merupakan sosok yang energik, penuh semangat, memilki bentuk tubuh ideal dan sikap dominan. Untuk menjadi laki-laki yang maskulin seseorang harus berkeinginan lebih dan bekerja lebih keras dibanding laki-laki yang kurang maskulin.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Extra Joss, Iklan, Maskulinitas Hegemonik, Representasi, Semiotika, Roland Barthes.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:28
Last Modified: 11 May 2023 06:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22889

Actions (login required)

View Item View Item