Tanujaya, Alvaro (2022) Representasi Maskulinitas Hegemonik Pada Iklan Televisi Extra Joss Active Versi “LAKI GO TO HEALTH”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (82kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (68kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
Abstract
Iklan tidak hanya menyampaikan informasi persuasif mengenai sebuah produk, melainkan juga ideologi dari pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi ideologi maskulinitas hegemonik dalam iklan Extra Joss Active versi "LAKI, GO TO HEALTH". Alasan memilih iklan ini adalah karena iklan ini memiliki representasi maskulinitas hegemonik yang paling mencolok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian analisis isi semiotika milik Roland Barthes. Unit analisis dari penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dari penelitian ini adalah tanda verbal, nonverbal, dan juga menggunakan kelima kode Roland Barthes yaitu hermeneutik, simbolik, semik, kultural, dan proairetic. Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa sosok laki-laki harus memilki sikap yang mendominasi dan maksimal dalam melakukan aktivitas sehari-hari baik dalam pekerjaan dan dalam masyarakat. Selain itu pemilihan warna dalam iklan serta intonasi narator ikut menggambaran bahasa tubuh paralinguistik sebuah sikap dan perilaku laki-laki yang penuh semangat. Selanjutnya busana aktor didalam iklan juga menunjukan latar bidang pekerjaan yang ada. Tidak hanya itu di dalam iklan Extra Joss Active Versi "LAKI, GO TO HEALTH" terdapat mitos bahwa laki-laki maskulin merupakan sosok yang energik, penuh semangat, memilki bentuk tubuh ideal dan sikap dominan. Untuk menjadi laki-laki yang maskulin seseorang harus berkeinginan lebih dan bekerja lebih keras dibanding laki-laki yang kurang maskulin.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Extra Joss, Iklan, Maskulinitas Hegemonik, Representasi, Semiotika, Roland Barthes. |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations 900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 09:28 |
Last Modified: | 11 May 2023 06:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22889 |
Actions (login required)
View Item |