Pengalaman Pengguna Twitter dalam Membangun Relasi Pertemanan Virtual (Studi Fenomenologi Remaja di Jakarta dalam Berteman Virtual)

Mahadika Paramastri, Dinda Putri Cintatya (2022) Pengalaman Pengguna Twitter dalam Membangun Relasi Pertemanan Virtual (Studi Fenomenologi Remaja di Jakarta dalam Berteman Virtual). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertemanan virtual melalui Twitter dimanfaatkan oleh remaja untuk bertemu dengan teman baru secara virtual. Dengan fitur yang dimiliki Twitter, remaja lebih mudah untuk mendapatkan teman yang memiliki selera yang sama dengan dirinya dan dalam membangun hubungan pertemanan yang dimiliki menjadi lebih dekat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman dalam membangun sebuah hubungan pertemanan virtual yang dilakukan oleh remaja masa kini khususnya di Jakarta. Pada penelitian ini digunakan konsep komunikasi interpersonal, relationship stage theory, konsep cyberspace, dan konsep media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi, wawancara mendalam untuk pengumpulan data dan teknik analisis data menggunakan analisa fenomenologi. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Twitter dalam membangun pertemanan virtual telah melalui tahapan pembangunan dan mencapai kedekatan yang peling tinggi yaitu keintiman dimana juga dimanfaatkan fitur-fitur Twitter seperti tweet dan base dalam mencari teman virtual dan reply, mention, dan direct message untuk membangun hubungan. Konflik dan hambatan juga dapat dialami yang dapat mengantarkan hubungan menjadi lebih baik melui tahapan repair atau megalami perpisahan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pertemanan Virtual, relationship stage theory, Twitter.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:29
Last Modified: 28 Apr 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22892

Actions (login required)

View Item View Item