hanifa, Arfi (2014) Perancangan Kampanye Sosial PLTN sebagai Solusi Krisis Energi Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (578kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adanya ancaman krisis energi yang disebabkan menipisnya sumber daya alam terbatas, menyebabkan kita harus mencari energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir merupakan salah satu aplikasi energi baru terbarukan, yang mempunyai potensi besar dalam memenuhi kebutuhan listrik Negara. Sumber energinya adalah uranium, yang sifatnya dapat diperbarui dan ramah lingkungan. Namun, ternyata solusi krisis energi ini tidak disambut baik oleh masyarakat,. Pemanfaatan nuklir masih dianggap sebagai teknologi yang terlalu menyeramkan untuk dapat hadir di tengah-tengah mereka. Hal ini didasari kurangnya pemahaman mereka terhadap iptek nuklir secara utuh. Kampanye sosial adalah salah satu jawaban dari persoalan tersebut. Kampanye sosial mampu mengedukasi dan mengubah persepsi negatif masyarakat akan kehadiran pemanfaatan nuklir. Perancangan kampanye sosial PLTN sebagai solusi krisis energy Indonesia ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, kuesioner dan studi visual. Teknik persuasi yang digunakan adalah pay off idea, yaitu masyarakat disuguhi harapanharapan baik. Teknik visual yang digunakan adalah dengan mengilustrasikan PLTN dan lingkungan Bangka Barat dengan gambar 3 dimensi. Kampanye social ini kemudian akan diaplikasikan pada media utama, berupa baliho, dan media pendukung berupa poster, booklet, dan stiker.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 110 Metaphysics > 118 Force and energy 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 07:10 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 03:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2297 |
Actions (login required)
View Item |