KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA DALAM KAMPANYE PEMILU 2014 MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER

Murwani, Endah (2014) KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA DALAM KAMPANYE PEMILU 2014 MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER. In: NEW MEDIA DAN ARUS DEMOKRATISASI. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Jakarta. ISBN 978-602-18666-7-2

[img]
Preview
Text
Keterlibatan Pemilih Pemula.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena penggu- naan media sosial oleh partai politik dan politisi sebagai sarana komunikasi politik yang penting dan strategis menjelang pemili- han umum 2014. Twitter merupakan salah satu pilihan bagi par- tai politik dan politisi untuk berkomunikasi dengan konstituen- nya, terutama remaja sebagai pemilih pemula yang berdasarkan data sementara terdapat 67 juta orang pemilih pemula dalam Pemilu 2014. Fenomena penggunaan twitter oleh partai poli- tik dan politisi menarik dikaji dari sisi pengguna twitter, yakni apakah pemilih pemula tertarik untuk melihat dan menjadi follower akun twitter yang dimiliki oleh partai politik-politisi ? apakah mereka aktif berkomunikasi melalui akun twitter partai politik dan politisi ? Sebaliknya dari sisi partai politik dan politisi, pesan-pesan seperti apa yang dikomunikasikan melalui akun twitter sehingga bisa menarik minat pemilih pemula terlibat dalam akun mereka ? Penelitian ini dilakukan dengan metode survey pada pengguna twitter yang merupakan pemilih pemula. Pengumpulan data melalui kuesioner. Untuk mengetahui komu- nikasi para politisi melalui twitter, dilakukan analisis isi terhadap tweet-tweet dan interaksi yang dilakukan para politisi. Hasil penelitian memperlihatkan responden sebagai pemilih pemula sudah memiliki kesadaran akan isu-isu publik dalam kaitannya dengan Pemilu, meskipun dalam tataran rendah. Hal ini tercer- min dari responden yang tertarik untuk melihat dan menjadi fol- lower akun yang dimiliki partai politik dan politisi. Dari sisi partai politik dan politisi ditemukan kurangnya pengenalan karakter terhadap pengguna media sosial twitter. Partai politik dan poli- tisi nampak ‘latah’ menggunakan media sosial tanpa meman- faatkannyasecaramaksimalsebagaimediakomunikasiduaarah yang interaktif

Item Type: Book
Keywords: keterlibatan kampanye politik, pemilih pemula, twitter
Subjects: 300 Social Sciences > 320 Political science > 324 Political Process (Incl. Election Systems and Procedures, Votings)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:59
Last Modified: 02 Dec 2022 02:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item