TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA BARU SEBAGAI MEDIA PARTISIPASI KOLEKTIF REMAJA DI JAKARTA

Murwani, Endah (2015) TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA BARU SEBAGAI MEDIA PARTISIPASI KOLEKTIF REMAJA DI JAKARTA. In: Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi 2015: Konsep, Kerangka Kerja, Kreativitas Karya Kaya Kultur.

[img]
Preview
Text
Prosiding - Tingkat Penggunaan Media Baru Sebagai Media Partisipatif.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa media baru membuka kesempatan bagi partisipasi demokratis dan komunitas untuk berkreativitas, ekspresi diri dan tak terbatasnya pengetahuan yang mendukung keberagaman, perbedaan dan debat yang sehat. Potensi penggunaan media baru ini akan memunculkan budaya partisipatif yang memungkinkan orang-orang menjadi prosumer - produsen sekaligus konsumen. Persoalan ini menjadi signifikan mengingat Indonesia adalah pengguna jejaring sosial dan komunitas on-line terbesar dan Indonesia secara demografis pada tahun 2030 akan mendapatkan bonus demografi dengan penduduk usia produktif dalam jumlah besar. Persoalannya, apakah digital natives Indonesia bisa menjadi inovator, produser atau kontributor yang bisa merubah lingkungan media ? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Memetakan jenis-jenis media baru yang digunakan para remaja di DKI Jakarta; 2) Memetakan kategori penggunaan media baru oleh remaja ke dalam kategori interpersonal communication, interactive play media, information search media, collective participatory media; 3) Memetakan kategori budaya komunikasi partisipasif remaja dalam komunitas on line ke dalam kategori afiliasi, ekspresi, pemecahan masalah kolaboratif dan sirkulasi.Hasil penelitian menunjukkan sebagai media partisipasi kolektif, media baru digunakan untuk mengembangkan relationship, membentuk komunitas, bertukar informasi dan ide. Sedangkan bentuk budaya partisipatif yang dilakukan masih dalam bentuk afiliasi keanggotaan, sirkulasi - berbagi informasi baru, bersifat informal dan melengkapi tugas-tugas dari sekolah dan kolaborasi dalam lingkup sekolah Oleh karenanya diperlukan literasi tentang bentuk-bentuk budaya partisipatif yang lebih produktif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:38
Last Modified: 04 Oct 2022 03:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item