Proses Kerja Magang Jurnalis Digital Sains dan Teknologi di Kanal detikINET (detikcom)

Adithia, Benedictus (2023) Proses Kerja Magang Jurnalis Digital Sains dan Teknologi di Kanal detikINET (detikcom). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media kini merubah cara penyampaian pesannya menjadi bentuk multiplatform, salah satunya dengan masuk ke dunia digital menjadi media online. Maka dari itu, untuk mengimplementasikan konsep jurnalisme online di media penulis melakukan kerja magang di detikcom untuk kanal detikINET. Detikcom sendiri merupakan salah satu perusahaan media yang menjadi pionir dalam jurnalisme online. Sejak 1998 domain detikcom sudah dapat diakses di internet. Seiring berjalannya waktu, media mengelompokkan beberapa topik berdasarkan konten berita yang terbit. DetikINET merupakansalah satu kanal dari detikcom yang menyajikan berita-berita terkait sains dan teknologi. Di detikcom sendiri saya memiliki posisi sebagai jurnalis digital untuk sains dan teknologi, sehingga kanal tempat saya bekerja magang adalah detikINET. Jurnalis digital di detikINET mempunyai kewajiban dalam membuat berita terkait perkembangan teknologi dan sains. Sebagai seorang pemagang, penulis memiliki tugas yang sedikit berbeda dengan jurnalis tetap di kanal detikINET. Jurnalis magang detikINET diberikan tanggung jawab lebih untuk mengolah berita yang bersifat timeless atau soft news berbasis Search Engine Optimization. Setelah melakukan magang selama 90 hari, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa SEO merupakan salah satu teknik yang digunakan media, secara khusus detikcom untuk menambah jumlah pembaca di internet.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: jurnalisme online, SEO, detikcom, detikINET, sains dan teknologi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:12
Last Modified: 29 May 2023 05:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23156

Actions (login required)

View Item View Item