Laporan Kerja Magang Pelaksanaan Jasa Audit di Kantor Akuntan Publik Tanuwijaya

Sudiro, Julia (2023) Laporan Kerja Magang Pelaksanaan Jasa Audit di Kantor Akuntan Publik Tanuwijaya. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Kerja magang dilaksanakan di Kantor Akuntan Publik (KAP) Tanuwijaya sebagai associate atau junior auditor. Selama proses kerja magang berlangsung, terdapat 12 klien yang ditangani. Tugas yang dikerjakan selama magang berlangsung adalah menyusun Working Paper (WP) bagian lead schedule untuk akun aset, liabilitas, ekuitas, dan laba rugi, melakukan rekapitulasi pajak Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 23, dan PPh Pasal 4 ayat 2 ke dalam supporting schedule akun taxations, melakukan input jurnal penerimaan dan pengeluaran kas, membuat surat konfirmasi dan jawaban konfirmasi bank, utang, dan piutang, melakukan input data saldo awal Working Balance Sheet (WBS) dan Working Profit and Loss (WPL), melakukan vouching akun penjualan dan beban operasional, menyusun template audit report, proof read draft audit report, melakukan footing pada laporan audited, melakukan tie-up pada laporan keuangan audited, membuat supporting schedule untuk recalculate depreciation fixed asset, rekalkulasi persentase service charge untuk transaksi penerimaan bank Mandiri, membuat Jurnal Koreksi atau Correction Entry, dan membuat daftar permintaan data. Selama kerja magang berlangsung, pekerjaan dapat terselesaikan pada waktunya dengan baik sesuai arahan senior auditor. Namun, terdapat beberapa kendala yaitu keterlambatan data dari klien dalam pengumpulan bukti konfirmasi sehingga solusi atas kendala tersebut adalah mencatat nama customer dan supplier yang belum memberikan jawaban konfirmasi agar di-follow up secara berkala. Kendala lainnya adalah pemberian data yang belum final oleh klien sehingga solusinya adalah memeriksa dan memastikan kepada klien bahwa data yang diberikan sudah final. Kendala yang terakhir adalah pada saat vouching berlangsung, terdapat beberapa dokumen pendukung berbentuk hardcopy yang hilang sehingga solusi atas kendala tersebut adalah meminta bukti pendukung dalam bentuk softcopy.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: confirmation letter, recalculation, supporting schedule, vouching, working paper
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.45 Auditing
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:15
Last Modified: 24 May 2023 01:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item View Item