Alfianus Salim, Fransiskus (2022) Pelaksanaan Internal Audit di Kompas Gramedia Group. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (27MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Kegiatan kerja magang dilaksanakan di Kompas Gramedia pada divisi internal audit. Selama kerja magang, tugas yang diberikan merupakan pemberian internal audit services untuk SAR, PT BUN, PT BEN. Tugas yang dilakukan adalah melakukan mapping akun balance sheet, melakukan analisis horizontal dan vertikal terhadap akun-akun pada laporan laba rugi, melakukan perhitungan variance antara revenue pada standardize trial balance dan manager report, melakukan input tanggal dan jumlah setoran omset tunai, melakukan rekapitulasi setoran omset non tunai, melakukan rekonsiliasi bank, membandingkan saldo pajak antara laporan keuangan, surat setoran pajak daerah, dan bukti pembayaran pajak, melakukan tracing extra charge terhadap late check out, melakukan tracing extra charge terhadap extra bed, melakukan tracing compliment list, melakukan tracing konfirmasi banquette released, melakukan tracing penagihan komisi online reservation, melakukan vouching pembayaran komisi online reservation, melakukan vouching pembayaran account payable trade, melakukan vouching cash refund, melakukan cash opname, melakukan stock opname persediaan, melakukan perhitungan ulang depresiasi aset tetap, dan membuat aging schedule account receivable. Terdapat beberapa kendala yang dialami selama kegiatan kerja magang. Kendala pertama adalah ketika melakukan audit, auditee sedang work from home, sehingga proses audit mengalami pengunduran waktu. Solusi dari kendala ini adalah meminta dan melakukan follow up kepada auditee untuk mengirim softcopy dokumen melalui e-mail. Kendala kedua adalah saat meminta dokumen pendukung, data tidak lengkap, sehingga proses audit mengalami pengunduran waktu. Solusi dari kendala ini adalah meminta dan melakukan follow up kepada auditee menyerahkan dokumen pendukung tersebut. Kendala ketiga adalah ketika melakukan audit, jaringan pada server database sangat lemah sehingga penarikan data mengalami penundaan. Solusi dari kendala ini adalah melakukan penarikan data ketika jaringan server database tersebut kembali lancar, yaitu di jam istirahat di siang hari. Kendala terakhir adalah ketika melakukan pencocokan data pada dokumen purchase order, format tanggal tidak konsisten sehingga membuat auditor kebingungan. Solusi dari kendala ini adalah konfirmasi kepada auditee mengenai format tanggal yang benar.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | Mapping, Opname, Vouching, Tracing, Aging Schedule |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.402 Internal Organizations |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 11:20 |
Last Modified: | 16 May 2023 05:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23220 |
Actions (login required)
View Item |