Laporan Pelaksanaan Kerja Magang Jasa Internal Audit di Kompas Gramedia Group

Olivia, Olivia (2022) Laporan Pelaksanaan Kerja Magang Jasa Internal Audit di Kompas Gramedia Group. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan kerja magang dilaksanakan di Kompas Gramedia tepatnya pada divisi internal audit di bawah bimbingan Bapak Wilibald Yodeliv Manggar. Selama proses magang, terdapat 4 unit yang ditangani dengan beberapa tugas yang diberikan. Tugas yang diberikan adalah membuat rekapitulasi utang lain-lain dan utilitas, melakukan update, rekalkulasi, dan pencocokan saldo aset tetap, membandingkan SPK (Surat Perintah Kerja) dengan daftar aset tetap, membandingkan purchase requisition (PR) dengan invoice, membandingkan saldo budget income statement dengan realisasinya, mencocokan saldo neraca, STB (Summary Trial Balance), dan subledger untuk akun piutang, utang, dan persediaan, menyusun aging schedule untuk piutang dan utang, menyusun horizontal analysis & vertical analysis, vouching bukti pengeluaran kas, vouching dokumen penjualan waste, melakukan analisa untuk top 10 subcontractor, melakukan rekonsiliasi saldo omset, melakukan asset opname, dan melakukan rekonsiliasi hasil asset opname. Selama proses kerja magang, tugas-tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Namun, terdapat beberapa kendala yaitu daftar aset tetap yang diterima tidak up-to-date, sehingga harus dimintakan lagi data aset tetap terbaru dan melakukan update dan rekalkulasi secara manual. Kendala lain yang ditemukan adalah kurangnya data terkait klasifikasi piutang untuk pihak eksternal dan internal sehingga menghambat proses penyusunan aging schedule piutang. Solusi atas kendala ini adalah dengan meminta data klasifikasi kepada unit yang diaudit. Kendala terakhir yang ditemui adalah terdapat banyak kode ganda dan perpindahan kategori aset saat melakukan opname, sehingga membuat aset harus diperiksa berulang kali. Solusi yang didapatkan adalah dengan meminta data terbaru dari pihak terkait beserta Gambar atas aset tersebut untuk kemudian dicocokan di lapangan. Saran yang dapat diberikan kepada divisi internal audit adalah pihak auditor sebaiknya rutin melakukan follow-up kepada unit yang ditangani terkait rekomendasi yang telah diberikan, seperti rekomendasi untuk melakukan update secara berkala agar kendala yang sama tidak terulang di masa yang akan datang. Selain itu, dapat juga menggunakan sistem yang dapat melakukan rekonsiliasi secara otomatis untuk mempercepat proses audit.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: rekapitulasi, aset tetap, akurasi, eksistensi, aging, analisis, vouching, opname, rekonsiliasi.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.45 Auditing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.402 Internal Organizations
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:20
Last Modified: 22 May 2023 05:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item View Item