Cahyaningtyas, Monica (2022) Perancangan Pergerakan Tokoh Kitty pada Motion Graphic untuk Audiobook "The Hungry Kitty". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (360kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Buku cerita anak biasanya berisi gambar dan ilustrasi yang membantu anak dalam memahami cerita. Di era dengan kemajuan teknologi seperti ini, banyak media konvensional yang mempunyai versi digital, termasuk buku cerita anak. Buku cerita anak yang terdigitalisasi salah satunya adalah audiobooks. Pembuatan animasi pada ilustrasi audiobook dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami cerita, serta memberikan pengalaman yang lebih dibanding dengan ilustrasi statis. Oleh karena itu, proyek seperti "The Hungry Kitty" hadir sebagai salah satu media literasi visual pada anak melalui video audiobook. "The Hungry Kitty" mempunyai tujuan edukasi kepada anak untuk mengenalkan makanan daerah khas Indonesia melalui cerita Kitty, seekor kucing yang mencari makanan ke rumah-rumah penduduk. Pada penelitian ini penulis akan membahas mengenai proses perancangan pergerakan tokoh Kitty yang adalah seekor kucing. Dalam merancang animasi hewan berkaki empat seperti kucing, penulis terlebih dahulu melakukan studi. Studi tersebut mulai dari studi literatur, proses observasi referensi, membandingkan teori dengan referensi, kemudian mencoba mengaplikasikannya pada animasi yang dibuat penulis. Dalam merancang pergerakan tokoh Kitty ternyata perlu mengetahui bagaimana anatomi, mekanisme pergerakan, dan perilaku serta bagaimana sinyal visual saat kucing berkomunikasi. Selain itu juga mengaplikasikan prinsip animasi, terutama Secondary Action, Overlapping Action, dan Follow Through menambah detil pergerakan tokoh dan membuatnya menjadi lebih natural dan hidup. Tidak hanya itu, Secondary Action juga dapat memberikan penekan pada karakterisasi tokoh yang dianimasikan.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | motion graphic, audiobook, kucing |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 743 Drawings by Subject |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2023 12:02 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 01:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23307 |
Actions (login required)
View Item |