Peran Concept Illustrator pada Program Studi Film Universitas Multimedia Nusantara dalam Pengerjaan Projection Mapping Fine Dining

Madeleine, Madeleine (2021) Peran Concept Illustrator pada Program Studi Film Universitas Multimedia Nusantara dalam Pengerjaan Projection Mapping Fine Dining. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Dalam proses pembuatan film animasi terdapat tahap pre-production. Concept illustrator dibutuhkan untuk memvisualisasikan ide konsep pada tahap pre- production. Setelah penulis mempelajari dan mendalami kemampuan untuk membuat ilustrasi menggunakan media tradisional dan digital, penulis tertarik untuk bekerja bersama tim Projection Mapping Fine Dining sebagai concept illustrator. Dengan bekerja bersama tim Projection Mapping Fine Dining, penulis akan mendapatkan pengalaman baru dengan mengerjakan proyek ini. Penulis akan membuat ilustrasi konsep karakter, environment, dan properti yang akan digunakan dalam proyek. Sebagai concept illustrator dalam proyek ini, penulis menggunakan software Adobe Photoshop dan hardware berupa laptop. Concept illustrator juga membutuhkan skill dan pengetahuan terkait pembuatan desain karakter, dari segi visual yaitu warna dan bentuk dan dari segi 3-dimensional character. Ilustrasi konsep yang dibuat akan berguna untuk 3D Modeler sebagai panduan dalam tahap produksi. Dengan saling bertukar ide, saran, dan referensi, penulis dapat membuat ilustrasi konsep sesuai dengan konsep yang ingin dicapai oleh tim. Penulis menilai bahwa pipeline produksi 3D Animation yang dipelajari di universitas cukup diterapkan dalam pengerjaan proyek ini. Dalam praktik magang ini terdapat beberapa kendala teknis dan non-teknis seperti error dari hardware dan software yang digunakan dalam proses magang. Maka dari itu, penulis memiliki solusi untuk menyelesaikan kendala tersebut agar tidak menghambat proses kerja magang, salah satunya adalah dengan membuat jalur alternatif untuk mengurangi error. Setelah melaksanakan proses kerja magang, penulis telah mempelajari perancangan desain visual sebuah karakter dari ide konsep berupa teks deskripsi dan referensi dari teori warna, bentuk, dan prinsip desain karakter.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: desain karakter, desain environment, ilustrator, konsep
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:41
Last Modified: 03 Oct 2023 00:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23334

Actions (login required)

View Item View Item