Perancangan Visual Berdasarkan 3-Dimensional Character pada Proyek Projection Mapping Fine Dining

Madeleine, Madeleine (2021) Perancangan Visual Berdasarkan 3-Dimensional Character pada Proyek Projection Mapping Fine Dining. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Tokoh memiliki peranan penting dalam film animasi. Dalam proses pembuatan film animasi, tokoh perlu dirancang terlebih dahulu agar dapat mempengaruhi ketertarikan penonton dalam menonton film animasi. Dalam penulisan ini terdapat dua tokoh yang perlu dirancang untuk film animasi 3 dimensi dari proyek Projection Mapping Fine Dining, yaitu tokoh Barong dan Rangda. Perancangan tokoh dalam film animasi perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti aspek 3- dimensional character dan target audiens dengan parameter bentuk, warna, fitur wajah, dan proporsi dalam menentukan visualisasi dari tokoh tersebut. Dalam proses perancangan tokoh yang merupakan adaptasi dari sebuah kebudayaan, perlu untuk mempertimbangkan proses riset sejarah dan observasi dari kebudayaan terkait, dalam hal ini adalah kebudayaan pertunjukkan Barong dan Rangda dari daerah Bali, Indonesia. Terdapat beberapa teori yang digunakan sebagai panduan dalam merancang visual dari tokoh Barong dan Ranga, seperti teori 3D Animation, Character Design, 3-Dimensional Character, Projection Mapping, dan teori dari tokoh Barong dan Rangda serta konsep warna dalam kebudayaan Bali. Proses perancangan visual dari tokoh Barong dan Rangda diawali dari proses konsep berupa peran tokoh dalam cerita dan aspek 3-dimensional character yang dimiliki oleh kedua tokoh tersebut. Dilanjutkan dengan proses riset dalam bentuk observasi dan studi literatur untuk menemukan hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan visual tokoh Barong dan Rangda. Dari hasil riset tersebut, penulis melakukan eksperimen dan eksplorasi dalam membuat rancangan visual. Setelah melakukan eksplorasi, penulis melanjutkan ke tahap produksi hasil karya berupa rancangan visual dari tokoh Barong dan Rangda. Dalam proses pembuatan produksi, telah diterapkan beberapa teori dari hasil studi literatur agar menghasilkan rancangan final dari visual tokoh Barong dan Rangda.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Perancangan Visual, 3-Dimensional Character, Character Design, Barong, Rangda
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:41
Last Modified: 03 Oct 2023 00:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23335

Actions (login required)

View Item View Item