Michelika, Imanuela (2022) Pengaruh Setting Rumah Lama Abah terhadap Perilaku Karakter Abah pada Film "Keluarga Cemara". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (215kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
Abstract
Film adalah cara manusia bernarasi melalui bentuk audio dan visual. Melalui film, audiens diharapkan dapat merasakan emosi secara mendalam. Pada film "Keluarga Cemara" (2018), production designer (Eros Eflin) mampu menjadikan setting rumah lama sebagai karakter tersendiri yang membantu menceritakan mengenai konteks dan subteks dari karakter film, salah satunya adalah Abah. Pada bukunya, Rizzo menyebutkan bahwa departemen artistik adalah pencipta dari segala materi visual yang dibutuhkan dari sebuah film dengan production designer sebagai kepalanya. Sementara Fisher juga menjabarkan bahwa ada lebih dari lima tahapan yang harus dilakukan departemen artisik demi mewujudkan materi visual yang matang. Mulai dari membedah naskah sampai membangun setting. Metode penelitian yang digunakan adalah constructivism/interpretivism. Yaitu mewawancarai sutradara dan asisten penata artistik dari film "Keluarga Cemara" yaitu Yandy Laurens dan Dita Gambiro menggunakan open-ended questions. Disampaikan bahwa sutradara memiliki visi dan misi yang kemudian diproses oleh production designer untuk diwujudkan menjadi nyata, Dinamika relasi karakter Abah dan rumah lama ini memiliki tiga pembeda atau fase pada bentuk setting-nya, yaitu rumah lama yang terbengkalai, rumah lama yang mulai dibersihkan, dan rumah lama yang sudah nyaman. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu sebuah setting harus memiliki latar belakang yang matang. Melalui pengalaman karakter Abah di rumah ini, ia pun belajar untuk menjadi seseorang yang mengakui kerapuhannya serta memperbaiki kesalahannya, kemudian memahami makna rumah yang sebenarnya adalah keluarga.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Abah, departemen artistik, fase, Keluarga Cemara, setting |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 12:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 00:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23346 |
Actions (login required)
View Item |