Peran Rigging Artist dalam Pengerjaan Proyek Animasi Pendek 3D Berjudul "Langit-Langit Toples Kaca" di Prodi Film Universitas Multimedia Nusantara

Andrian, Kenan (2021) Peran Rigging Artist dalam Pengerjaan Proyek Animasi Pendek 3D Berjudul "Langit-Langit Toples Kaca" di Prodi Film Universitas Multimedia Nusantara. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Sebagai syarat kelulusan S1 di Universitas Multimedia Nusantara, penulis harus menjalani program magang. Penulis pun memilih melakukan magang di Prodi Film Universitas Multimedia Nusantara dalam wujud program magang merdeka bernama Independent Project. Alasan penulis memilih Prodi Film adalah kesempatan berkarya dan eksplorasi lebih yang dapat meningkatkan kesiapan karir penulis di masa depan. Pada kesempatan magang yang diberikan, penulis bersama 3 orang mahasiswa membentuk kelompok Mameka Production, yang diberi tugas untuk memproduksi film pendek animasi 3D berjudul "Langit-Langit Toples Kaca." Produksi film mendapatkan supervisi oleh satu dosen pembimbing dari Prodi Film. Peran penulis sendiri dalam produksi adalah sebagai Rigging Artist, Technical Director dan Editor. Sebagai Rigging Artist, penulis melakukan Rigging tokoh, properti, dan riset pembuatan simulasi air mata serta asap. Selama magang, penulis mempelajari soft skill dan hard skill baru. Soft Skill yang dipelajari adalah manajemen waktu, jadwal dan tim dalam sebuah produksi film animasi. Sementara Hard Skill yang dipelajari adalah teknis baru dalam ilmu rigging, seperti FK/IK Switch, Node Editor, Cluster Handle, Ribbon, sistem Parent Object dan sistem rig rok. Penulis juga mendalami simulasi asap menggunakan Maya Fluid, dan pembuatan simulasi air mata menggunakan constrain Motion path, Flow path serta deform Lattice.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Animasi 3D, Independent Project, Mameka Production, Prodi Film, Rigging Artist
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2023 21:02
Last Modified: 21 Aug 2023 05:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23435

Actions (login required)

View Item View Item