Strategi Komunikasi Public Relations the Papandayan Hotel dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Xperium Rep Up)

Caroline Shafira Ramadhita, Raden Roro (2023) Strategi Komunikasi Public Relations the Papandayan Hotel dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Xperium Rep Up). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun, seorang Public Relations dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Pandemi Covid-19 membuat aktifitas yang biasa dilakukan secara tatap muka menjadi daring. Sebagai hotel bintang lima di Kota Bandung, The Papandayan Hotel konsisten mempertahankan reputasinya tahun hingga mendapatkan banyak penghargaan, dan mendapatkan penghargaan di situasi Pandemi. Berdasarkan konsep dari Holtzhausen mengenai sektor makro, meso dan mikro. Jika pada salah satu sektor terjadi kendala, maka aspirasi akan disampaikan kepada PHRI (Persatuan Hotel Restaurant Indonesia). Konsep Charlie mengenai menghadapi ancaman reputasi secara online, The Papandayan Hotel selalu memantau ulasan dari para tamu dan memberikan respons yang baik berdasarkan Template membalas yang sudah dikategorikan jenis ulasan tersebut, dibuktikan melalui tindakan nyata juga. Konsep M. Broom & Sha juga diterapkan melalui Xperium Rep Up dari inputs (pengumpulan data dan menyediakan Reviews dan Guest Feedback Feed) hingga outcomes (evaluasi dan hasil akhir). Peneliti mendapatkan temuan bahwa dalam mempertahankan reputasi perusahaan, The Papandayan Hotel menggunakan Xperium Rep Up sebagai Online Reputation Management melalui ulasan- ulasan yang dikumpulkan dari Online Travel Agent dan Guest Feedback Feed dengan nilai yang berbeda-beda dan dihitung sebagai hasil akhir berupa Online Reputation Score. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa, reputasi The Papandayan Hotel mendapat ORM Score 99 per 19 Desember 2022 dari 653 hotel di Bandung dan urutan ke-8 dalam TripAdvisor Rank.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: public relations, reputasi, Xperium Rep Up, Online Reputation Management, Online Reputation Management Score
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:00
Last Modified: 15 Apr 2023 08:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23475

Actions (login required)

View Item View Item