Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: PT Trijaya Union)

Valentinus, Michael (2023) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: PT Trijaya Union). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (992kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Teknologi informasi adalah aset sangat penting untuk perusahaan dalam membantu meningkatkan efektivitas dan efisien perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. PT Trijaya Union ini telah memanfaatkan teknologi informasi dalam proses organisasinya. Untuk meningkatkan proses bisnis dan keefektifan penggunaan teknologi informasi perusahaan diperlukan pengukuran mengenai penerapan tata kelola teknologi untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan mengetahui rekomendasi perbaikan agar dapat mencapai tujuan yang sesuai dan diharapkan oleh perusahaan. Evaluasi tata kelola teknologi informasi dilakukan dengan menerapakan framework COBIT 5 dengan mengukur capability level terhadap domain DSS (Deliver, Service, Support) dengan titik fokus domain yang digunakan adalah domain DSS01 (Manage Operations), DSS04 (Manage Continuity), DSS06 (Manage Business Process Controls). Pengukuran dilakukan dengan cara observasi dan wawancara terhadap sistem informasi dan proses bisnis di PT Trijaya Union. Pada bagian hasil dari evaluasi tata kelola teknologi informasi menjelaskan pada DSS01 (Manage Operations) berada pada capability level 1 (Performed), proses DSS04 (Manage Continuity) berada pada capability level 1 (Performed), dan DSS06 (Manage Business Process Controls) berada pada capability level 1 (Performed). PT Trijaya Union memiliki target capability level 2, untuk mencapai level 2 PT Trijaya Union memiliki Gap 1 level. Agar PT Trijaya Union dapat mencapat target level yang diinginkan maka diberikan rekomendasi perbaikan atas hasil temuan dan rekomendasi kenaikan level.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Capability Level, COBIT 5, DSS (Deliver, Service, Support), Evaluasi tata kelola teknologi informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:05
Last Modified: 02 Aug 2023 03:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

View Item View Item