Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna”

Putri, Adinda Muflihah Utami (2015) Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna”. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (554kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (583kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB)

Abstract

Cerita adalah salah satu unsur penting dalam pembuatan film animasi. Penyampaian cerita dikatakan berhasil apabila penonton dapat menangkap emosi yang ada pada karakter filmnya. Cerita yang baik harus disampaikan dengan bahasa tubuh yang tepat. Struktur anatomi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam menentukan sebuah pergerakan. Tanpa adanya struktur anatomi yang baik, animasi tidak dapat berjalan dengan benar dan tidak terlihat realistis. Peran dan kinerja animator juga ditentukan oleh hasil proses rigging yang dilakukan oleh rigger. Berdasarkan hal tersebut, penulis membahas penerapan sistem rigging, yang merupakan proses yang sangat krusial dalam penciptaan sebuah gerakan animasi yang baik dan benar. Sistem rigging ini akan diterapkan pada karakter-karakter dalam animasi pendek “Iyatna” agar karakter dapat berkomunikasi dengan bahasa tubuh yang tepat. Pada penulisan kali ini, penulis banyak menggunakan teori dari Robert tentang penjelasan struktur tulang dan sendi, serta teori Beane yang secara umum menjelaskan tentang penjelasan aspekaspek proses rigging dalam software 3D.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Putri, Adinda Muflihah Utami
Contributors: Kristanto, Desi Dwi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item