Podcast PES (Percakapan Esport) "Episode 1: Pro Kontra Hadirnya Esports di Indonesia, Pekerjaan atau Hobi?"

Johannes, Renaldi Dwiantara (2023) Podcast PES (Percakapan Esport) "Episode 1: Pro Kontra Hadirnya Esports di Indonesia, Pekerjaan atau Hobi?". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam karya audio digital ini, penulis mengangkat tema tentang pro kontra esport di Indonesia, yang kini lebih dari sekadar hobi. Penulis menganggap topik ini penting untuk diangkat karena kurangnya informasi mengenai esport di kalangan masyarakat Indonesia sehingga terjadi pro kontra terhadap esport, salah satunya adalah apakah esport merupakan pekerjaan atau hanya sebuah hobi. Esport di Indonesia perlahan mulai terbangun dan didukung oleh pemerintah dengan beberapa kompetisi esport nasional. Sebagaimana yang telah diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia telah meresmikan Esports sebagai cabang olahraga pada 27 Agustus 2020. Tetapi beberapa orang di Indonesia masih kurang mengenal lebih dalam tentang Esport, kebanyakan masyarakat mengenal esport hanya sebuah hobi bermain gim yang dimainkan anak-anak sampai remaja dan memiliki efek yang negatif bagi pendidikan dan masa depan anak. Penulis akan mengemas podcast tersebut dalam bentuk storytelling dengan membuat dua segmen yang dimana dalam setiap segmen ini akan memiliki jumlah durasi sekitar 1 jam dan akan diunggah ke platform Spotify menggunakan aplikasi Anchor, yang secara keseluruhan telah diputar sebanyak 168 kali dan memiliki jumlah rata-rata pemutaran episodenya sebanyak 28 kali. Manfaat dari karya ini adalah memberi pemahaman ke masyarakat yang masih belum jelas tentang apa itu esport, serta dapat mengerti dan mengetahui esport sebagai industri dan lapangan kerja baru yang potensial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: atlet, esport, pro kontra Kluster Karya: Programming Based
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:01
Last Modified: 17 Jun 2023 00:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23655

Actions (login required)

View Item View Item