Pribadi, Gabrielle Alicia Wynne (2023) Penerapan Model Bisnis Media Konvergensi dan Prinsip Pagar Api dalam Media Daring Kompas TV. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (140kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (49kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model bisnis media digital menurut pandangan Vincent Mosco dan prinsip pagar api dalam media konvergensi yang terjadi dalam media daring Kompas TV. Penelitian ini menelaah dari segi konten advertorial yang dihasilkan setelah media daring Kompas TV menjalankan komodifikasi konten, khalayak, dan pekerjanya. Melalui penelitian ini, maka akan diungkapkan bagaiman Kompas TV menerapkan prinsip pagar api (firewall) dalam media. Kehadiran pagar api ini menjadi vital dalam media sebagai batasan antara konten jurnalistik dengan konten iklan dari pihak yang memberikan dana untuk operasional media. Pada konten advetorial dibuat sedemikian rupa informatif layaknya karya jurnalistik namun dibubuhkan komponen produk yang diiklankan. Oleh karena itu, mengimplementasikan Native Advertising dalam media adalah hal penting mengingat adanya batasan antara editorial dengan pengiklanan (firewall); pengiklan, yang mana akan mengubah narasi tradisional yang sudah ada menjadi branding yang baru, dan khalayak yang diharapkan lebih nyaman membaca informasi sekaligus iklan berdasarkan gagasan komodifikasi dalam media menurut Vincent Mosco juga konsep pagar api berdasarkan pandangan Andreas Harsono serta Komodifikasi dalam media. Hasil penelitian ini menunjukan adanya bias pada penegakan pagar api dalam Kompas TV. Selain itu, dampak penerapan komodifikasi yang dilaksanakan paling besar dirasakan oleh para pekerja yang memproduksi konten editorial dan advertorial. Penelitian ini direalisasikan menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode studi kasus bersifat eksplanatif. Penelitian ini menggunakan konten advertorial dari kanal digital Kompas TV serta wawancara dengan narasumber terkait.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komodifikasi, Model Bisnis Media, New Media, firewall |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.7 Accounting for Specific Phases of Business Activity |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 09:04 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 05:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23668 |
Actions (login required)
View Item |