Penerapan Model Bisnis Media Konvergensi dan Prinsip Pagar Api dalam Media Daring Kompas TV

Pribadi, Gabrielle Alicia Wynne (2023) Penerapan Model Bisnis Media Konvergensi dan Prinsip Pagar Api dalam Media Daring Kompas TV. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model bisnis media digital menurut pandangan Vincent Mosco dan prinsip pagar api dalam media konvergensi yang terjadi dalam media daring Kompas TV. Penelitian ini menelaah dari segi konten advertorial yang dihasilkan setelah media daring Kompas TV menjalankan komodifikasi konten, khalayak, dan pekerjanya. Melalui penelitian ini, maka akan diungkapkan bagaiman Kompas TV menerapkan prinsip pagar api (firewall) dalam media. Kehadiran pagar api ini menjadi vital dalam media sebagai batasan antara konten jurnalistik dengan konten iklan dari pihak yang memberikan dana untuk operasional media. Pada konten advetorial dibuat sedemikian rupa informatif layaknya karya jurnalistik namun dibubuhkan komponen produk yang diiklankan. Oleh karena itu, mengimplementasikan Native Advertising dalam media adalah hal penting mengingat adanya batasan antara editorial dengan pengiklanan (firewall); pengiklan, yang mana akan mengubah narasi tradisional yang sudah ada menjadi branding yang baru, dan khalayak yang diharapkan lebih nyaman membaca informasi sekaligus iklan berdasarkan gagasan komodifikasi dalam media menurut Vincent Mosco juga konsep pagar api berdasarkan pandangan Andreas Harsono serta Komodifikasi dalam media. Hasil penelitian ini menunjukan adanya bias pada penegakan pagar api dalam Kompas TV. Selain itu, dampak penerapan komodifikasi yang dilaksanakan paling besar dirasakan oleh para pekerja yang memproduksi konten editorial dan advertorial. Penelitian ini direalisasikan menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode studi kasus bersifat eksplanatif. Penelitian ini menggunakan konten advertorial dari kanal digital Kompas TV serta wawancara dengan narasumber terkait.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komodifikasi, Model Bisnis Media, New Media, firewall
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.7 Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:04
Last Modified: 19 Jun 2023 05:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23668

Actions (login required)

View Item View Item