Tingkat Penerapan Dasar Penulisan Jurnalisme Sains pada Kompas.com dan CNN Indonesia: Analisis Isi Kuantitatif

Ballerina Agatha, Tashya (2023) Tingkat Penerapan Dasar Penulisan Jurnalisme Sains pada Kompas.com dan CNN Indonesia: Analisis Isi Kuantitatif. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemberitaan mengenai sains, sering kali menjadi acuan bagi masyarakat untuk mencari informasi dari suatu fenomena ilmiah, penyakit, penemuan baru, lingkungan, dan obat-obatan. Namun, dalam pemberitaan mengenai sains seringkali terdapat istilah, pengertian yang rumit, dan data yang asing sehingga masyarakat kesulitan memahami informasi tersebut secara maksimal. Tak hanya itu, munculnya misisnformasi dan pengemasan berita yang click-bait berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap media dan ilmiah sehingga hal tersebut menjadi tantangan bagi jurnalis (Assyihabi, 2021, p. 57). Dalam praktiknya, terdapat dasar penulisan jurnalisme sains milik World Federation of Science Journalists (WFSJ) yang menjadi acuan jurnalis dalam membuat artikel berita sains. Hal tersebut menjadi landasan analisis isi kuantitatif ini dilakukan, terutama untuk mengetahui jenis penulisan apa yang sering muncul di pemberitaan sains, dan seberapa besar persentase penerapan dasar-dasar penulisan jurnalisme sains di Kompas.com dan CNN Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua media tersebut didominasi oleh jenis penulisan feature. Dalam gaya penulisan Kompas.com menerapkan indikator menampilkan sisi manusiawi ilmuwan sebesar 45.6% dan CNN Indonesia sebesar 60.26%, indikator dikaitkan dengan keseharian sebesar 79.67% pada Kompas.com dan 78.21% pada CNN Indonesia, indikator menggunakan metafora sebesar 25.3% di Kompas.com dan 35.9% di CNN Indonesia, indikator berurusan dengan angka sebesar 10.44% di Kompas.com dan 15.38% di CNN Indonesia, serta indikator berurusan dengan istilah sebesar 64.84% di Kompas.com dan 57.69% di CNN Indonesia. Sehingga penerapan dasar jurnalisme sains di Kompas.com termasuk kategori cukup, dan CNN Indonesia termasuk kategori baik. Penelitian ini memungkinkan adanya penelitian baru yang berfokus pada pengaruh pemberitaan sains pada tingkat pemahaman tentang kesehatan di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: jurnalis, jurnalisme sains, sains, Kompas.com, CNN Indonesia
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:04
Last Modified: 14 Jun 2023 06:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23669

Actions (login required)

View Item View Item