Perancangan Kampanye Interaktif tentang Pendeteksian Dini Spinal Muscular Atrophy

Elizabeth, Graciella (2023) Perancangan Kampanye Interaktif tentang Pendeteksian Dini Spinal Muscular Atrophy. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Walaupun diperkirakan 1 dari 6.000 sampai 10.000 bayi yang lahir memiliki penyakit spinal muscular atrophy, masih belum adanya laporan resmi mengenai jumlah penderita spinal muscular atrophy di Indonesia. Hal ini menyebabkan kurangnya kesadaran di kalangan dewasa muda, terutama orang tua yang memiliki anak berusia di bawah 3 tahun, umur kritis untuk mendeteksi dan menangani spinal muscular atrophy. Perancangan dibuat untuk merancang sebuah kampanye interaktif untuk membantu dewasa muda terutama yang berencana untuk memiliki anak agar dapat memonitor pertumbuhan kembang anak sebagai salah satu cara pendeteksian dini spinal muscular atrophy. Dalam proses perancangan desain ini, penulis menggunakan model perancangan Design Thinking yang diajukan oleh Hasso Plattner dari Institute of Design Stanford ­ d.school (2010). Selama perancangan, penulis telah mengumpulkan data menggunakan beberapa metode seperti wawancara dengan seorang bioteknika yang membuat alat bantu mobilitas untuk penyandang spinal muscular atrophy dan seseorang yang aktif dalam komunitas SMA Indonesia, menyebarkan kuesioner ke target khalayak, dan melakukan studi eksisting pada media dan kampanye yang telah ada sebelumnya mengenai topik spinal muscular atrophy, yaitu Cure SMA Awareness Month 2022 dan The Adventure of SMArt Ada. Sebagian besar dari target khalayak mengetahui apa itu buku KIA, tetapi sebagian besar tidak mengerti fungsi dan pentingnya buku tersebut untuk deteksi dini penyakit spinal muscular atrophy. Melalui perancangan ini, penulis menemukan fitur-fitur yang dapat membantu target lebih memahami hal tersebut menggunakan cerita interaktif sebagai media utama kampanye.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kampanye interaktif, deteksi dini, spinal muscular atrophy
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:06
Last Modified: 05 Sep 2023 01:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23676

Actions (login required)

View Item View Item