Pengaruh Berita Pendidikan Seks di Media Online terhadap Tingkat Pengetahuan Pendidikan Seks Remaja

Di Hening, Lelatu (2023) Pengaruh Berita Pendidikan Seks di Media Online terhadap Tingkat Pengetahuan Pendidikan Seks Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kaum remaja kini sudah menjadikan internet sebagai salah satu sumber utama mereka dalam memperoleh informasi. Sayangnya, masih banyak informasi yang belum sepenuhnya diajarkan secara baik dan benar melalui internet ini, salah satunya adalah pendidikan seks. Mengingat remaja memiliki potensi seksual yang aktif, maka sangat penting untuk memberikan informasi tentang masalah seksual. Melihat keterikatan remaja dan internet di atas, media online tentu menjadi salah satu pihak yang harus meluruskan informasi yang benar di antara banyaknya informasi yang dapat ditemukan di internet. Namun hingga kini, masih belum ada data yang cukup untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh yang diberikan berita- berita pendidikan seks yang diproduksi oleh media ini kepada tingkat pengetahuan pendidikan seks para remaja. Melalui riset yang peneliti lakukan, peneliti ingin melihat apakah memang terdapat pengaruh terpaan berita pendidikan seks di media online terhadap tingkat pengetahuan remaja mengenai pendidikan seks dan seberapa besar pengaruh terpaan berita pendidikan seks tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti melakukan eksperimen dengan sampel 90 mahasiswa semester awal di daerah DKI Jakarta. Partisipan kemudian dibagi menjadi tiga kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 30 orang, di mana kelompok pertama dan kedua adalah kelompok eksperimen dan kelompok sisanya adalah kelompok kontrol. Walau begitu, hasil penelitian ini sendiri dapat dipengaruhi oleh faktor perbedaan individu, mengingat seksualitas merupakan isu yang bersifat pribadi. Dengan kata lain, berita pendidikan seks dari media online tidak memberikan pengaruh langsung terhadap tingkat pengetahuan pendidikan seks remaja. Informasi dari berita tersebut harus terlebih dahulu melalui proses penerimaan dari setiap individu yang berbeda. Oleh karena itu, digunakan teori individual differences dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berita pendidikan seks di media online memberikan dampak yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan pendidikan seks remaja.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pendidikan Seks, Media Online, Remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology (Incl. Individual, Evolutionary, Environmental and Sex Psychology)
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 176 Ethics of sex and reproduction
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:06
Last Modified: 15 Jun 2023 01:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23677

Actions (login required)

View Item View Item