Pengaruh Kepemilikan Institutional, Likuiditas, Leverage, dan Arus Kas Operasi terhadap Financial Distress

Bryant Setyawan, Ignatius (2023) Pengaruh Kepemilikan Institutional, Likuiditas, Leverage, dan Arus Kas Operasi terhadap Financial Distress. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Financial distress merupakan tahap penurunan kondisi keuangan yang terjadi sebelum terjadinya kebangkrutan ataupun likuidasi. Dengan mengetahui indikasi-indikasi terjadinya financial distress berbagai pihak dapat melakukan pencegahan, dari sisi manajemen dapat segera melakukan pencegahan dengan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan, dari sisi investor dapat mengevaluasi kembali untuk melakukan investasinya, dari sisi kreditur dapat digunakan sebagai penilaian pemberian pinjaman atau utang dengan melihat kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh kepemilikan institusional, likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio, leverage yang diproksikan dengan DER, dan arus kas operasi terhadap financial distress yang diproksikan dengan Altman Z- Score model 1. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan sampel yang diseleksi melalui metode purposive sampling dan dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda. Sampel dari penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), menerbitkan laporan tahunan yang telah diaudit, menerbitkan laporan tahunan yang berakhir tanggal 31 Desember, menyajikan laporan keuangan dalam mata uang rupiah, terdapat kepemilikan saham oleh pihak institusional, tidak melakukan IPO sebelum 1 Januari 2018, tidak pernah mengalami suspensi saham, tidak melakukan stock split atau reverse split dan memiliki nilai Z- score kurang dari 1.8 selama periode 2018-2021 secara berturut-turut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu (1) kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai Z-score dan berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress, (2) likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai Z-score dan berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress, (3) leverage yang diproksikan dengan DER tidak berpengaruh terhadap financial distress, (4) arus kas operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai Z-score dan berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress. Terakhir, kepemilikan institusional, likuiditas, leverage, dan arus kas operasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: arus kas operasi, financial distress, kepemilikan institusional, leverage, likuiditas
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:07
Last Modified: 16 May 2023 08:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item