Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Free Cash Flow terhadap Kebijakan Utang

Wijaya, Edward (2023) Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Free Cash Flow terhadap Kebijakan Utang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kebijakan dividen, profitabilitas, dan free cash flow terhadap kebijakan utang. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kebijakan utang yang diproksikan dengan debt to asset ratio. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio, profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity, dan free cash flow. Faktor- faktor yang memengaruhi kebijakan utang penting untuk diteliti agar perusahaan dapat menentukan kebijakan utang yang tepat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan ada sebanyak 12 perusahaan yang merupakan perusahaan manufaktur dan perdagangan besar dan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berturut-turut selama tahun 2017-2020, menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit, menerbitkan laporan keuangan per tanggal 31 Desember, menggunakan mata uang Rupiah, memiliki kepemilikan institusional, memiliki kepemilikan manajerial, membagikan dividen kas, tidak melakukan share split, dan reverse split, memperoleh laba dan memiliki free cash flow positif. Hasil penelitian ini adalah (1) kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan utang, (2) kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang, (3) kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap kebijakan utang, (4) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang, dan (5) free cash flow tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: free cash flow, kebijakan dividen, kebijakan utang, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, profitabilitas.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.1511 Managerial Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:07
Last Modified: 24 May 2023 05:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23683

Actions (login required)

View Item View Item