Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Human Capital Visual Dashboard pada PT. Telekomunikasi Selular

Arta Aritonang, Putri (2022) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Human Capital Visual Dashboard pada PT. Telekomunikasi Selular. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

PT. Telekomunikasi Selular atau yang biasa disebut Telkomsel merupakan merupakan perusahaan penyedia operator selular terkemuka di Indonesia, yang diluncurkan pada 26 Mei 1995. Telkomsel secara konsisten melayani Indonesia dalam akses telekomunikasi di seluruh tanah air, dari Sabang hingga Merauke. Adapun, departemen Human Capital Business Partner (HCBP) di PT. Telekomunikasi Seluler belum memiliki sistem informasi yang memadai untuk memonitor kondisi perusahaan serta menunjang pekerjaan karyawan mereka. Oleh karena itu, dibangunlah visual dashboard dengan empat jenis modul yaitu HCBPedia sebagai repository dan share knowledge, Budget PE untuk memonitor keuangan, Komkar untuk dokumentasi komite karir, dan Activity Tracker untuk tracking aktivitas karyawan. Proyek pembangunan Human Capital Visual Dashboard ini melibatkan posisi Software Requirement Analyst. Periode magang dilakukan selama 800 jam, dengan tugas seorang Software Requirement Analyst untuk menggarap dan menetapkan requirements dari user, analisis data, membuat alur software, serta berkolaborasi dengan Software Developer dan UI/UX pada tim untuk memastikan dashboard yang dibangun sesuai dengan requirements. Hasil yang diperoleh dari kerja magang bagi perusahaan adalah perancangan terhadap visual dashboard yang lengkap pada keempat modul seperti yang direncanakan, untuk dilakukan pengembangan dashboard dalam tim proyek. Bagi mahasiswa, kerja magang memberikan pengalaman dalam merancang visual dashboard dari awal hingga terciptanya dashboard yang berfungsi dengan baik dan memberikan value pada user, serta peningkatan hard skill serta soft skill.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Analisis Perancangan, Dashboard, Requirement, Software Requirement Analyst
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 12:01
Last Modified: 06 Jul 2023 08:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23688

Actions (login required)

View Item View Item