Implementasi ERP dalam Business Process Material Management pada PT. Medco E & P Indonesia

Rizqi Nugraha, Ahmad (2022) Implementasi ERP dalam Business Process Material Management pada PT. Medco E & P Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

PT. Medco Energi Internasional Tbk atau biasa lebih dikenal PT. Medco E & P Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang eksploitasi dan pengeboran minyak dan gas pertama di Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit bisnis dari Medco Group yang membawahi di bidang energi. Dalam proses kegiatan praktik kerja magang di PT. Medco E & P Indonesia menggunakan sistem ERP. ERP (Enterprise Resources Planning) merupakan salah satu solusi yang dapat diberikan sumber daya organisasi agar dapat dimanfaatkan secara semaksimal mungkin untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak yang berkepentingan atas organisasi tersebut. Software yang digunakan pada pelaksanaan praktik kerja magang ini menggunakan Software SAP (System, Applications, and Product in Data Processing) merupakan sebuah software berbasis ERP yang digunakan untuk menjalankan seluruh manajemen aktivitas harian dari sebuah organisasi atau perusahaan. SAP bertujuan membuat semua aktivitas manajemen, pemantauan, dan pengelolaan informasi menjadi jauh lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Melalui praktik kerja magang yang telah dilaksanakan, terdapat beberapa pengelaman dan pembelajaran yang dapat diambil. Pembelajaran yang dapat diambil yaitu mahasiswa dituntut dapat mengolah serta mengimplementasi modul Material Management untuk penerimaan barang, membuat purchase order, membuat purchase requisition, mengelola inventory, membuat perencanaan produk dan order (MRP), dan melaukan verifikasi terhadap tagihan dari supplier.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: ERP, Implementasi, Material Management, SAP
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 023 Personnel Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 18:00
Last Modified: 03 Aug 2023 01:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item