Penerapan Style "Chibi" dalam Perancangan Aset Karakter Video Learning Project Ruangguru

Victoria, Jessica (2022) Penerapan Style "Chibi" dalam Perancangan Aset Karakter Video Learning Project Ruangguru. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Serial animasi "Belajar Bersama Dafa Lulu" merupakan salah satu produk oleh Ruangguru yang merupakan video pembelajaran dalam format serial animasi yang diproduksi menggunakan teknik 2D puppet limited animation. Dalam produksi serial animasi tersebut, diperlukan pemilihan visualisasi dengan gaya tertentu agar dapat menyampaikan pesan dengan baik, dalam kasus ini gaya chibi. Maka dari itu, rumusan masalah yang digunakan oleh penulis berupa bagaimana penerapan style chibi dalam perancangan asset karakter video learning project Ruangguru dengan Batasan masalah pada tokoh Bang Unan dan Bro Nies. Teori utama yang digunakan penulis berupa desain karakter dan manga dengan teori pendukung yang meliputi bentuk dasar, proporsi manusia, serta style chibi. Dalam proses penerapan gaya chibi dalam pembuatan asset kedua tokoh tersebut, penulis melakukan eksperimen terdahulu untuk memperoleh bentuk dan proporsi yang tepat serta menyesuaikan dengan aset chibi yang pernah dibuat sebelumnya. Ketika melakukan proses penyederhanaan, terdapat ciri khas tertentu yang tetap dipertahankan pada masing- masing tokoh, seperti atribut ataupun fitur fisik tertentu dengan tujuan agar penonton masih mengenali identitas dari tokoh tersebut walaupun dengan gaya visualisasi yang berbeda. Skripsi ini dibuat dengan mengolah data yang dikumpulkan dari studi literatur serta observasi referensi yang digunakan. Dari temuan yang didapatkan, penulis menyimpulkan bahwa memperhatikan bentuk, dasar, proporsi serta ciri khas merupakan hal penting dalam penerapan style chibi terhadap tokoh.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Desain karakter, style chibi, proporsi, Bang Unan, Bro Nies
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 19:02
Last Modified: 18 Oct 2023 00:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item View Item