Kathleen Hartono, Joanna (2021) Visualisasi 3D Tokoh Burung Garuda dalam Greeting Video 17 Agustus 2021. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (785kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Animasi 3D menjadi salah satu bentuk animasi yang memerlukan software dan hardware komputer untuk penciptaannya. Agar animasi 3D menjadi lebih hidup dibutuhkan aset 3D. Aset 3D ini dibuat melalui beberapa tahap seperti modeling, UV mapping, dan texturing. Salah satu animasi 3D yang membutuhkan aset 3D merupakan greeting video 17 Agustus 2021. Greeting video ini memiliki tokoh utama seekor burung Garuda tempur sebagai lambang negara dan sebagai lambang kemerdekaan. Oleh karena itu penulis memiliki rumusan masalah bagaimana visualisasi 3D tokoh burung Garuda dalam greeting video 17 Agustus 2021. Adapun teori utama yang digunakan meliputi modeling, topologi, UV mapping, dan texturing. Dalam visualisasi burung Garuda diperlukan eksperimen untuk mendapatkan teknik pembuatan dan topologi yang tepat. Penciptaan tokoh burung Garuda ini dibuat menyerupai referensi burung elang jawa dengan topologi yang sesuai dengan burung asli. Setiap bagian pada burung Garuda memiliki teknik modeling, UV mapping, dan texturing-nya tersendiri terutama pada bulu, dan aksesoris burung Garuda. Adapun penciptaan tokoh burung Garuda memiliki alasan-alasan yang disesuaikan dengan konsep futurisic dan realis yang ingin dituju. Sebagai kesimpulan, penulis menemukan bahwa modeling, topologi, UV mapping, dan texturing masing-masing memiliki peran yang penting dalam membuat burung Garuda menjadi seperti burung yang asli.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | modeling, UV mapping, topologi, texturing, burung Garuda |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 20:00 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 01:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23760 |
Actions (login required)
View Item |