Studi Kasus Penggunaan Exaggeration dalam Hasil Karya Animasi 3D di Brown Bag Films Bali

Kirana, Renia (2022) Studi Kasus Penggunaan Exaggeration dalam Hasil Karya Animasi 3D di Brown Bag Films Bali. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Animasi merupakan rangkaian gambar statis yang disatukan untuk menciptakan ilusi sebuah gambar tampak bergerak. Bagi animator, pembuatan animasi membutuhkan teknik-teknik untuk memperkuat unsur pendukung pergerakan karakter agar terlihat menarik. Salah satu unsur tersebut termasuk di dalam 12 Principles of Animation, yaitu exaggeration. Penggunaan exaggeration yang efektif didapatkan melalui beberapa syarat dan tidak dapat dipakai secara sembarangan. Exaggeration pada animasi dapat memperjelas ekspresi atau gerakan dari mata penonton (believeable), tetapi membuat elemen objek lebih non-realistik dengan melebih-lebihkan elemen objek. Teori exaggeration dalam 12 principles of animation serta evolusi pengertiannya membantu penulis menganalisa hasil karya animasi 3D berupa karakter berbalik badan (turn around). Dalam laporan skripsi ini, penulis membahas konsep, tahapan proses pembuatan animasi 3D, sampai analisa unsur exaggeration pada setiap pergerakan animasi karakter. Analisa unsur exaggeration akan diperhatikan berdasarkan unsur squash dan stretch serta konstruksi bahasa tubuh karakter. Laporan skripsi juga memasukkan prinsip lain dalam 12 principles of animation yang mendukung exaggeration pada animasi karakter turn around. Proses penciptaan karya animasi turn around terbantu oleh teori-teori yang digunakan menjadi acuan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: 12 principles of animation, exaggeration, animasi 3D
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 22:00
Last Modified: 29 Sep 2023 01:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23783

Actions (login required)

View Item View Item