Perancangan Environment Rumah Tinggal Bernuansa Jambi pada Film Animasi 3D Berjudul "Langit-Langit Toples Kaca"

Tanamas, Diana (2021) Perancangan Environment Rumah Tinggal Bernuansa Jambi pada Film Animasi 3D Berjudul "Langit-Langit Toples Kaca". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Environment pada film animasi 3D berperan besar dalam menunjukkan latar tempat dan waktu serta kondisi karakter yang menempati environment tersebut. Film "Langit-Langit Toples Kaca" mengangkat isu pernikahan dini di Indonesia yang cukup memprihatinkan dan umumnya terjadi akibat keterbatasan finansial keluarga, salah satunya adalah di Desa Pulau Raman, Jambi. Oleh karena itu, perancangan environment rumah tinggal bernuansa Jambi pada film "Langit-Langit Toples Kaca" bertujuan untuk memperlihatkan setting film di Desa Pulau Raman pada tahun 2021 dan menunjukkan kondisi keluarga tokoh yang berkelas ekonomi rentan. Literatur yang digunakan adalah teori environment buatan oleh Rapoport sebagai acuan teori utama dalam perancangan, didukung dengan teori-teori pendukung dan hasil observasi yang berhubungan dengan rumah tinggal Jambi. Hasil karya berupa rancangan eksterior rumah dan interior kamar tidur dan dapur beserta perabotan di dalamnya. Pada hasil karya, informasi latar tempat Desa Pulau Raman disampaikan melalui ciri-ciri arsitektur Jambi dan unsur kebudayaan Jambi pada perabotan rumah. Informasi latar waktu tahun 2021 disampaikan melalui kemajuan teknologi dan pembangunan yang terlihat pada perabot rumah, dan informasi kelas ekonomi rentan disampaikan melalui kerapihan dan kebersihan perabotan rumah.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Perancangan Environment, Animasi 3D, Rumah, Desa Pulau Raman, Kelas Ekonomi Rentan
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 333 Economics of Land and Energy > 333.7 Natural Resources and Energy, Environment
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 22:00
Last Modified: 13 Oct 2023 00:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item