Prototype Sistem Perencanaan Persediaan Barang Menggunakan Metode EOP dan ROQ (Studi Kasus Bengkel Auto Service Jaya)

Ivan, Ignatius (2022) Prototype Sistem Perencanaan Persediaan Barang Menggunakan Metode EOP dan ROQ (Studi Kasus Bengkel Auto Service Jaya). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Sistem Persediaan Barang di bengkel ASJ berdasarkan analisa menggunakan metode Reorder Point (ROP) dan Economic Order Quantiy (EOQ), mendapatkan hasil perhitungan untuk analisis stock menggunakan ROP dan EOQ serta mengevaluasi sistem yang telah dibuat menggunakan metode user acceptance testing (UAT) dengan model blackbox testing. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Reroder Point (ROP) dan Economic Order Quantity (EOQ). ROP merupakan salah satu teknik pengelolaan inventory untuk menentukan waktu atau saat yang tepat untuk melakukan pembelian atau penambahan stok barang di gudang. Metode EOQ merupakan perhitungan yang menghasilkan nilai kuantitas order yang ekonomis dengan memperhatikan biaya kirim dan biaya simpan. Dengan adanya aplikasi ini, pemilik bengkel mendapatkan informasi waktu pembelian yang tepat berdasarkan hasil perhitungan ROP dan jumlah order yang paling ekonomis berdasarkan perhitungan EOQ. Hasil penelitian ini adalah prototype sistem perencanaan persediaan barang menggunakan metode EOQ dan ROP pada bengkel ASJ telah di implementasikan untuk membantu perencanaan stok barang yang dapat memberikan rekomendasi jumlah barang yang harus dipesan dan hasil dari perhitungan Prototype Sistem Perencanaan Persediaan Barang menggunakan EOQ dan ROP dapat memunculkan angka rekomendasi yang dapat membantu user untuk memperkirakan jumlah barang yang harus dipesan sebagai stock.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Economic Order Quantity, Inventori, PHP, Reorder Point
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.7 Management of Supplies, Stock
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 08:59
Last Modified: 18 Jul 2023 02:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item View Item