Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan

Teng, Antonio Daniel (2023) Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh pertumbuhan perusahaan, kebijakan dividen, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan penting untuk diteliti karena dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan ketika hendak melakukan aksi korporasi seperti right issue. Selain itu, nilai perusahaan dapat digunakan oleh investor sebagai tolak ukur untuk memperoleh capital gain. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan yang merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berturut-turut selama tahun 2017-2020, IPO sebelum tahun 2017, tidak terkena suspensi dalam perdagangan saham oleh BEI selama tahun 2017-2020, menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor independen, menerbitkan laporan keuangan per 31 Desember, menerbitkan laporan keuangan dengan mata uang Rupiah, mengalami pertumbuhan total aset, menghasilkan laba, membagikan dividen tunai, dan tidak melakukan share split atau reverse share split. Hasil penelitian ini adalah (1) pertumbuhan perusahaan (PP) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), (2) kebijakan dividen (DPR) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) Leverage (DER) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kebijakan dividen, leverage, nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.9 Economic Development and Growth
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 08:59
Last Modified: 24 May 2023 02:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item