Pengaruh Berita Vaksin HPV di Media Online terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Media Mainstream dan Media Alternatif

Eliyanti, Nadya (2023) Pengaruh Berita Vaksin HPV di Media Online terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Media Mainstream dan Media Alternatif. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Sejak kasus COVID-19 menurun, isu kesehatan lainnya tak luput muncul di pemberitaan media. Salah satunya isu kesehatan terkait program kesehatan gratis yang diberikan untuk masyarakat, yaitu vaksinasi. Pemerintah telah merencanakan program vaksinasi HPV gratis bagi perempuan Indonesia yang mana pemberitaannya menjadi sebuah informasi bagi para generasi muda, khususnya generasi Z dan Y yang juga menjadi populasi penelitian ini. Vaksin HPV pun diwajibkan atas beberapa pertimbangan terkait masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham terkait pentingnya melakukan vaksin HPV. Informasi yang kredibel serta terpercaya dari media-media saat ini sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mencari informasi terkait vaksin HPV. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksperimen, penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap berita Vaksin HPV yang ada di media mainstream dan media alternatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori uses and gratifications dan menggunakan indikator tingkat kepercayaan. Dengan menggunakan uji Mann-Whitney, hasil penelitian menunjukkan data signifikan Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap tingkat kepercayaan berita Vaksin HPV pada kedua kelompok media (Kompas.com dan Magdalene.co). Yang mana dari hasil yang diperoleh menyatakan bahwa masyarakat khususnya generasi Z dan Y lebih memercayai berita yang disajikan oleh Kompas.com, karena penyajiannya dianggap lebih berkualitas, kredibel, informasi lengkap, dan sesuai fakta.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tingkat kepercayaan berita, Berita kesehatan, berita vaksin HPV, media mainstream, media alternatif,
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:01
Last Modified: 15 Jun 2023 03:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23814

Actions (login required)

View Item View Item