Kampanye Feminisme dalam Mencapai Aktualisasi Diri Perempuan (Studi Kasus Kampanye #BerflowerBarengWMN oleh WMN by Narasi)

Eugenia, Fabiola (2023) Kampanye Feminisme dalam Mencapai Aktualisasi Diri Perempuan (Studi Kasus Kampanye #BerflowerBarengWMN oleh WMN by Narasi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perempuan lebih rentan terhadap gangguan mental atau kecemasan, dan strategi emotion-focused lebih digunakan untuk menangani kondisi emosionalnya. Namun, masih banyak perempuan yang takut untuk mengekspresikan perasaan atau dirinya karena kecenderungan penghakiman dari lingkungan sosial hingga akhirnya terjadi krisis relasi dalam masyarakat. Hal ini berdampak pada kondisi mental dan fisik seseorang, merasa bahwa dirinya tidak berharga atau layak, dan pada akhirnya tidak bisa mencapai aktualisasi diri sendiri. Oleh karena itu, WMN by Narasi hadir sebagai sahabat melalui kampanye #BerflowerBarengWMN yang fokus pada pemberdayaan perempuan untuk saling mendukung dan berkembang serta berani berekspresi sesuai versi terbaik diri masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kampanye feminisme #BerflowerBarengWMN dalam mencapai aktualisasi diri perempuan. Konsep yang digunakan adalah Strategic Planning for Public Relations, beserta kampanye public relations, feminisme, dan aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan dua narasumber kunci dari divisi WMN, serta satu informan ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WMN telah melakukan perancangan kampanye PR sesuai dengan setiap tahap perencanaan strategis yang dikemukakan oleh Ronald D. Smith. Berdasarkan evaluasi WMN, kampanye #BerflowerBarengWMN memperlihatkan perkembangan yang pesat dan signifikan, serta berdampak positif kepada target audiens sesuai harapan WMN; audiens merasa nyaman dan aman untuk berekspresi dan berpendapat dalam `ruang' WMN yang sudah dipercayakan sebagai sahabat, dan sudah bisa mulai mengenal diri mereka sendiri sebagai tahap menuju aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aktualisasi diri perempuan, feminisme, kampanye digital, perancangan kampanye, perencanaan strategis
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:02
Last Modified: 26 Apr 2023 00:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23823

Actions (login required)

View Item View Item